LAPORAN
PEMBUATAN
DAN PENGGUNAAN
ALAT
PRAKTIKUM IPA
RESPIROMETER SEDERHANA
Oleh:
(nama)
(NIP. )
(SMP ....)
PEMERINTAH KABUPATEN ...........................
DINAS PENDIDIKAN
SMP .............
Jl. .......
2016
DAFTAR ISI
Hal
|
|
Sampul
......................................................................................
Halaman Judul
.......................................................................
Lembar Pengesahan ..................................................................
Kata
Pengantar...........................................................................
Daftar Isi
...................................................................................
Daftar Gambar
..........................................................................
A.Jenis Karya Inovatif
...........................................................
B.Nama Media
.......................................................................
C.Tujuan
................................................................................
D.Manfaat ...............................................................................
E.Rancangan Media Pembelajaran
........................................
F.Alat dan Bahan
................................................................
G.Langkah- langkah Pembuatan
.................................................
H.Langkah- langkah Penggunaan
..........................................
I.RPP ......................................................................................
B
F
|
1
2
3
4
5
5
5
5
5
6
6
6
8
8
|
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1 Rancangan
Alat Praktikum IPA Respirometer
Sederhana 7
Gambar 2 Cara
melubangi tutup botol minuman plastik 7
Gambar 3 Memasukkan pipa kaca ke tutup botol 8
Gambar
4 Melekatkan pipa kaca pada tutup
botol dengan lem tembak. 8
Gambar 5 Menutupkan rangkaian tutup botol kemulut
botol. 8
Gambar
6 membuat
kotak berbentuk persegi panjang dari sterefom 9
Gambar
7 letakkan rangkaian respirometer
pada sterefom 9
A.Jenis Karya Inovatif
Karya Inovatif yang
diajukan adalah Pembuatan
dan Penggunaan Alat Praktikum IPA Respirometer Sederhana.
B.Nama Alat Praktikum Pembelajaran IPA
Pembuatan dan Penggunaan Alat Praktikum IPA Respirometer
Sederhana.
C.Tujuan
Tujuan dari Pembuatan dan Penggunaan Alat
Praktikum IPA Respirometer Sederhana adalah:
1.Membantu
peserta didik untuk mengamati proses respirasi pada makhluk hidup khususnya
dalam materi respirasi.
2.Membantu
peserta didik di dalam memahami konsep yang abstrak.
3.Membantu
peserta didik di dalam mengaktualkan proses respirasi dalam kehidupan
sehari-hari.
4.Memotivasi
peserta didik di dalam mempelajari proses respirasi, karena alat praktikum ini
dirancang sedemikian rupa sehingga pembelajaran aktif dan menyenangkan (
D.Manfaat
1.Bagi
peserta didik, menjadi media pembelajaran yang efektif di dalam menguasai IPA
khususnya materi Respirasi.
2.Bagi
pendidik yang mengampu mata pelajaran IPA, sebagai salah satu kekayaan
intelektual yang berbentuk alat praktikum IPA yang berfungsi untuk penguasaan
IPA khususnya respirasi bagi peserta didik.
3.Bagi
pembaca, alat praktikum IPA respirometer sederhana ini dapat memberikan
pandangan untuk dimodifikasikan sehingga dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran ditempat
tugas masing- masing
E.Rancangan Media
Rancangan
Alat Praktikum IPA Respirometer
Sederhana:
Respirometer
sederhana adalah merupakan sebuah alat praktik sederhana yang terbuat dari
bahan yaitu: botol bekas minuman dari kaca yang bening, tutup botol, pipa kaca
yang berlubang kecil , palu, paku, plastisin. Yang hasilnya terlihat seperti
pada gambar di bawah ini.
Gambar 1. Rancangan Alat Praktikum IPA Respirometer
Sederhana
F.Alat dan Bahan
Untuk membuat Alat Praktikum IPA Respirometer
Sederhana di atas disiapkan alat dan bahan sebagai berikut:
1.Alat
·palu
·paku
·silet
·korek api
·lem tembak
2.Bahan
·Botol kaca
·Tutup botol
·Pipa kaca
·sterefom
3.Langkah-langkah
pembuatan
a)Membuat lubang pada tutup botol kaca
dengan bantuan paku dan palu (diameter lubang disesuaikan dengan diameter pipa kaca), (perhatikan Gambar 2)
Gambar
2. Cara melubangi tutup botol minuman plastik
Memasukkan pipa kaca kedalam lubang tutup botol dengan
kedalaman ± 2 cm. (lihat
Gambar. 3 )
Gambar
3. Memasukkan pipa kaca ke tutup botol
b)Dengan
menggunakan lem tembak yang sudah dilelehkan lekatkan pipa kaca dengan lubang tutup botol hingga
tidak ada bagian yang bercelah (perhatikan Gambar 4)
Gambar
4. Melekatkan pipa kaca pada tutup botol dengan lem tembak.
c)Tutupkan rangkaian tutup botol kemulut
botol, dan memeriksa bagian antara tutup botol dengan botol sudah benar-benar
rapat./tidak ada celah. ( lihat gambar 5)
Gambar 5. Menutupkan rangkaian tutup botol kemulut
botol.
d.Untuk
membuat tempat respirometer sederhana, sediakan sterefom , gunakan silet untuk
membuat kotak berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang sama, seperti
panjang diameter pada botol, kemudian
letakkan rangkaian respirometer pada sterefom agar posisinya tidak
bergerak (perhatikan Gamba.6 -7)
Gambar 6.
membuat kotak berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang sama dengan
diameter botol.
|
Gambar 7.letakkan
rangkaian respirometer pada sterefom
|
G.Prosedur Penggunaan
Berikut ini akan dipaparkan bagaimana prosedur untuk
menggunakan Alat
Praktikum IPA Respirometer Sederhana sebagai berikut:
1. Ambilllah respirometer dari
tempatnya!
2. Bukalah tutup botol pada respirometer sederhanaa!
3. Dengan
menggunakan pinset, ambillah kristal NaOH lalu bungkus dengan menggunakan kapas
dan memasukkannya kedalam respirometer!
4. Masukkan 1
ekor jangkrik/ belalang dan tutuplah respirometer, periksalah sambungan antara
botol dengan tutup botol sampai
benar-benar tidak bocor udaranya!
5. Jika masih terjadi kebocoran udara
tutuplah dengan memberi vaselin pada sambungannya.
6. Tetesi ujung
respirometer dengan eosin/ sumba cair secukupnya dengan menggunakan pipet tetes/
alat suntik!
7. Amati pergerakan eosin setiap 2 menit
pada tabung berskala tersebut!
8. Catat hasilnya dalam tabel
pengamatan!
9. Ulangi kegiatan 4 dengan hewan yang
sama namun ukuran yang berbeda!
9.
Setelah selesai, bersihkan respirometer
Selamat Berinovasi
No comments:
Post a Comment