Friday, 10 November 2017

MEDIA IPA RANGKAIAN LISTRIK


LAPORAN
PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN
MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERUPA ALAT PRAKTIKUM
RANGKAIAN LISTRIK SERI DAN PARALEL





Oleh
DWI SUPRIYANTORO, S.Pd
NIP. 197302121998021003
SMP NEGERI 2 TANGGULANGIN




PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 2 TANGGULANGIN
Ds. Kedungbanteng - Tanggulangin
2016




HALAMAN PENGESAHAN


Judul Laporan
:
Pembuatan dan Penggunaan Media Pembelajaran IPA berupa Alat Praktikum Rangkaian Listrik Seri dan Paralel
Nama Pembuat
:
Dwi Supriyantoro, S.Pd.
NIP
Pangkat/Golongan
NUPTK
:
:
:
197302121998021003
Pembina/IVa
1544751652200012
Tempat Tugas
Mengampu Mapel
:
:
SMP Negeri 2 Tanggulangin
IPA
Pembuatan dan Penggunaan Media Pembelajaran  yang dilaporkan
Rangkaian Listrik Seri dan Paralel adalah Alat Praktikum IPA

Membenarkan bahwa semua isi dalam Laporan Pembuatan dan Penggunaan Media Pembelajaran Berupa Alat Praktikum Rangkaian Hambatan Listrik Seri dan Paralel ini sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dan hasil tulisan asli yang bersangkutan


                  Sidoarjo, 30 Maret 2016

Mengetahui,
Kepala Sekolah/Pengawas,




Dra. Hj. Sri Marhaeni, M.Pd
NIP. 196309041988032006
       Koordinator PKB,





 Mustofa Maula, S.Pd
 NIP. 1964082 61991031005
         Penyusun,





Dwi Supriyantoro, S.Pd.
NIP. 197302121998021003





KATA PENGANTAR

Ungkapan puji syukur Alhamdulillah penulis kehadirat Alloh SWT, atas segala rahmat dan karunia yang dilimpahkan kepada kita semua khususnya kepada penulis, sehingga laporan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran IPA yang saya beri nama Rangkaian Listrik Seri dan Paralel,  dapat diselesaikan  sesuai dengan waktu yang telah diprogramkan.
Laporan pembuatan dan penggunaan media IPA ini dapat diselesaikan berkat bantuan, bimbingan, dorongan serta petunjuk dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
1.      Kepala SMP Negeri 2 Tanggulangin, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo yang telah memberikan motivasi penulis untuk menyusun laporan ini hingga selesai.
2.      Teman-teman seprofesi yang telah memberikan bantuan pemikiran dan pendapat-pendapat dalam penulisan laporan ini.
Penulis menyadari bahwa di dalam laporan ini tentunya masih banyak terdapat kekurangan, baik dalam penyusunan, penyajian maupun sistematika penulisannya, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak, demi kesempurnaan penulisan laporan ini. Penulis berharap agar laporan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran IPA ini dapat bermanfaat bagi pihak lain yang membutuhkan.
Sidoarjo, 30 Maret 2016
Penulis



Dwi Supriyantoro




DAFTAR ISI

Hal
Sampul ......................................................................................
Halaman Sampul .......................................................................
Lembar Pengesahan ..................................................................
Kata Pengantar...........................................................................
Daftar Isi ...................................................................................
Daftar Gambar ..........................................................................
A.    Jenis Karya Inovatif ...........................................................
B.     Nama Media .......................................................................
C.     Tujuan ................................................................................
D.    Manfaat ...............................................................................
E.     Rancangan Media Pembelajaran ........................................
F.      Prosedur Pembuatan ..........................................................
G.    Prosedur Penggunaan ........................................................
H.    RPP ......................................................................................


B.    

















2
3
4
5
21
5
5
5
5
6
8
8
11

PEMBAHASAN

A.    Jenis Karya Inovatif
Karya Inovatif yang diajukan adalah Pembuatan dan Penggunaan Media Pembelajaran IPA berupa Alat Praktikum.

B.     Nama Media Pembelajaran
Rangkaian Listrik Seri dan Paralel

C.    Tujuan
Tujuan dari pembuatan dan penggunaan media pembelajaran IPA Rangkaian Listrik Seri dan Paralel dijelaskan di bawah ini.
1.      Mempermudah peserta didik di dalam menguasai IPA khususnya Rangkaian Listrik dalam materi Listrik Dinamis
2.      Membantu peserta didik di dalam memahami konsep yang abstrak.
3.      Membantu peserta didik di dalam mengaktualkan Rangkaian Listrik dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Memotivasi peserta didik di dalam mempelajari Rangkaian Listrik, karena media ini dikemas dalam pembelajaran aktif dan menyenangkan. (Active and Joyful Learning).
5.      Mengatasi keterbatasan alat praktikum khususnya Rangkaian Listrik apabila terjadi di sekolah atau sama sekali tidak ada .

D.    Manfaat
1.      Bagi peserta didik, menjadi media pembelajaran yang efektif di dalam menguasai konsep IPA khususnya Rangkaian Listrik.
2.      Bagi peserta didik, pembelajaran dapat pula dilakukan di rumah dengan membuat model yang serupa (sebagai contoh Penugasan/Produk oleh guru)
3.      Bagi pendidik yang mengampu mata pelajran IPA, sebagai salah satu kekayaan intelektual yang berbentuk media pembelajaran yang berfungsi untuk penguasaan IPA khususnya Rangkaian Listrik bagi peserta didik.
4.      Bagi pembaca, media pembelajaran IPA Rangkaian Listrik ini dapat dimodifikasi dan dimanfaatkan untuk pembelajaran mata pelajaran lain yang memiliki banyak sub bahasan.

E.     Rancangan Media
Rancangan Alat Praktikum IPA Rangkaian Listrik Seri dan Paralel
Dibuat pada  papan rangkaian dari bahan plastik mika yang biasa dipakai sebagai alas untuk menulis waktu ujian.
3 buah lampu yang identik nilai tegangan dan hambatannya dipasang pada papan  rangkaian dan dihubungkan dengan kabel listrik ukuran + 1,5mm, pemilihan kabel ukuran kecil berdasarkan kebutuhan sumber tegangan rendah dan arus lemah diharapkan hasil yang di dapat bisa lebih optimal.
Selanjutnya kabel dihubungkan ke baterai atau sumber tegangan dengan melalui saklar terlebih dahulu.
Rancangan rangkaian terbagi menjadi 2 macam:


 a.       Rangkaian disusun secara seri
b.      Rangkaian disusun secara paralel

F.     Prosedur Pembuatan
Untuk membuat Alat Peraga Rangkaian Hambatan Listrik Seri dan Paralel di atas akan dijelaskan sebagai berikut:
1.      Alat
·      Solder Listrik             
·      Tang                                                               
·      Obeng
·      Bor                 
·      Timah

2.      Bahan
·      Kabel
·      Baterai
·      Lampu 2,5V dan holder
·      Plastik mika
·      Saklar
·      Lem

3.      Langkah-langkah pembuatan
a)       Membuat rencana/rancangan rangkaian dalam bentuk skema rangkaian
b)       Membuat pola rangkaian sesuai skema rangkaian pada papan mika
Gambar 1. Skema dan Pola Rancangan Rangkaian
c)       Menyiapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan


 

                                                                         Gambar 2.  Alat dan Bahan
d)       Satu persatu bahan disusun pada papan rangkaian sehingga terbentuk rangkaian seperti gambar berikut:

                       Gbr.3  Membuat lubang dengan pola     Gbr.4  Melubangi papan mika

                Gbr.5 Memasang lampu       Gbr. 6  Merekatkan komponen lain


 
                                   Gbr 7.  Rangkaian Listrik Seri  Gbr 8.  Rangkaian Listrik Paralel
G.    Prosedur Penggunaan
Berikut ini akan dipaparkan bagaimana prosedur menggunakan media pembelajaran IPA Rangkaian Hambatan Listrik Seri dan Paralel sebagai berikut:
1)     Rangkaian terbuka. Kondisi awal rangkaian dalam keadaan belum terhubung dengan kawat penghantar.


      
2)     Menghubungkan kawat penghantar sesuai dengan karakter rangkaian seri atau paralel


  
3)     Mengamati kondisi lampu dengan memberi perlakuan menekan saklar pada posisi masing-masing secara bergantian.



      4)     Bila diperlukan dapat mengukur kuat arus listrik yang mengalir pada masing-masing rangkaian, masing-masing percabangan pada rangkaian, mengukur tegangan jepit masing-masing lampu.
5)     Pada rangkaian listrik ini juga dapat digunakan untuk pembelajaran konsep:
Ø  Rangkaian listrik seri dan paralel
Ø  Rangkaian terbuka, rangkaian tertutup
Ø  Hukum Ohm
Ø  Hukum I Kirchoff
Ø  Energi listrik





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH                             :   SMPN 2 Tanggulangin
MATA PELAJARAN                        :   IPA
KELAS / SEMESTER           :   IX / 1
WAKTU                                 :   5 Pertemuan ( 15 JP )
 


A.  KOMPETENSI INTI
KI.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.  KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud  implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3  Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud  implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian lingkungan
3.5 Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan
3.6. Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi) berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan
4.5  Melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian

C.  INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1   Menunjukkan perilaku rasa syukur terhadap keteraturan dan kompleksi tas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan perananmanusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1.1   Menunjukkan perilaku bekerja sama, santun, toleran, responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.5.1. Menyebutkan contoh gejala kelistrikan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
3.5.2. Menyebutkan jenis-jenis muatan listrik.
3.5.3. Menjelaskan interaksi dua muatan listrik.
3.5.4. Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja elektroskop.
3.5.5. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya Coulomb dua muatan listrik.
3.5.5. Menghitung besarnya gaya Coulomb dua muatan listrik.
3.5.6. Menghitung besar medan listrik.
4.4.1. Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya
4.4.2. Membuat elektroskop sederhana
3.5.7. Menjelaskan prinsip kerja baterai alternatif dari buah.
3.6.1. Mengidentifikasi jenis rangkaian listrik terbuka dan rangkaian listrik tertutup.
3.6.2. Mengidentifikasi bagian sel saraf.
3.6.3. Menghitung beda potensial listrik.
3.3.5 Membedakan bahan konduktor, semikonduktor, dan isolator listrik.
3.6.5 Menghitung besar hambatan pada beberapa jenis bahan.
4.4.3. Melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat hantaran listrik bahan
3.6.6. Menjelaskan tentang prinsip kelistrikan pada saraf manusia.
3.6.7.Menyebutkan hewan-hewan yang menghasilkan listrik.
3.6.8. Membedakan karakteristik rangkaian listrik seri dan paralel.
3.6.8. Menghitung besar arus listrik dalam suatu kawat penghantar.
3.6.9  Menghitung besar energi listrik.
3.6.10. Menghitung besar daya listrik.
3.6.11. Menghitung biaya listrik bulanan rumah tangga.
3.6.12. Menyebutkan contoh sumber-sumber energi listrik alternatif.
3.6.13. Menjelaskan prinsip kerja sumber-sumber energi listrik alternatif.
3.6.14 Menyebutkan zat kimia yang terkandung dalam tanaman sebagai sumber bioenergi.
3.6.15 Menyebutkan upaya-upaya penghematan listrik.
3.6.16 Menyebutkan penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar.
3.6.17. Menyebutkan upaya pencegahan bahaya penggunaan listrik dalam kehidupan.

D.  MATERI PEMBELAJARAN
1.      Materi Reguler
       Penggalan materi
Pada rangkaian listrik yang tidak memiliki percabangan kabel, rangkaian tersebut disebut rangkaian seri.

Pada rangkaian listrik yang memiliki percabangan kabel, rangkaian tersebut disebut rangkaian paralel.

2.    Materi Pengayaan
Contoh penerapan rangkaian listrik seri dan paralel dalam kehidupan sehari-hari

3.   Materi Remedial
Materi remedial merupakan materi reguler . Materi ini diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar. Materi yang diberikan disesuaikan dengan bagian materi yang belum dikuasai oleh peserta didik pada indikator-indikator pencapaian kompetensi tertentu dan guru dapat menggunakan strategi/metode yang berbeda dengan pembelajaran sebelumnya.

E.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 ( 2JP )
........
Pertemuan 5 (    2 JP   )
1. Pendahuluan
a.       Menyiapkan peserta didik untuk belajar
b.      Guru mengabsen kehadiran peserta didik
c.       Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui materi pertemuan yang lalu
Ø  Tuliskanlah hubungan antara kuat arus dan tegangan !
Ø Bila  dalam suatu rangkaian listrik terdapat  kuat arus 10 A sedangkan  hambatan 2 Ohm berapakah tegangan pada rangkaian tersebut!
d.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan
e.       Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran energi listrik
f.       Guru membagi peserta didik menjadi enam kelompok

2. Kegiatan inti
      a. Mengamati
1). Pemberian stimulus dengan menyajikan demontrasi Kipas angin
·      Dengan Memindah hambatan 1 sampai 5 
·      Menunjukkan daya dari Kipas angin
2). Peserta didik mengamati kecepatan gerak kipas angin tersebut.      
      b. Menanya
1). Dari demonstrasi  peserta didik membuat pertanyaan tentang demontrasi tersebut
2). Peserta didik menuliskan hipotesis tentang kipas angin yang bergerak dengan lambat sampai cepat 
      c. Mengumpulkan informasi / data
1). Guru meminta peserta didik untuk mempelajari buku IPA KLS 9 Semester ganjil untuk materi energi listrik
2).  Guru membagikan Lembar Kerja Peserta didik serta alat bola lampu, Ampermeter, Voltmeter , papan rangkaian, kabel, baterai.
3). Secara berkelompok, serta didik melakukan percobaan rangkaian listrik seri dan paralel dengan  menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan lembar kerja yang telah disediakan.
4). Menuliskan hasil pengamatan di lembar kerja.


      d. Mengasosiasi
1). Setelah mendapatkan data secara kelompok peserta didik mengasosiasi / mengolah data untuk membuat kesimpulan
2). Menyesuaiakan bahwa hipotesis pada awal pelajaran dapat dibuktikan dengan benar dengan kesimpulan yang tepat
      e. Mengkomunikasikan
1). Kelompok menyampaikan hasil pengamatannya di kelas sehingga nanti dapat diambil kesimpulan secara klasikal

      3. Kegiatan Penutup
 a. Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
 b. Guru memberikan pertanyaan
Ø  Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel!
Ø  Prinsip apa saja yang berlaku pada rangkaian listrik seri dan paralel?
c.    Guru menyampaikan materi untuk pertemuan yang akan datang yaitu tentang Energi listrik dan penghematan energi listrik.

F.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
            Teknik penilaian yang digunakan yaitu sebagai berikut.
Metode/Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
-   Observasi
-   Lembar pengamatan sikap dan rubrik
-   Tes tulis
-   Tes Uraian
-   Tes Praktek
-   Lembar Kerja Peserta didik
-   Penilaian Produk
-   Lembar Penilaian Produk
2. Instrumen Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Sikap
     Lembar Pengamatan Sikap/Perilaku pada saat Diskusi
No.
Nama Peserta didik
Kerja sama
Disiplin
Jujur















     Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil  pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan.
      Kriterianya yaitu:
      4 = sangat baik; 3 = baik; 2 = cukup; 1 = kurang
b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
     Tes Uraian
     Jawablah Pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.      Jelaskan perbedaan rangkaian seri dan paralel!
2.      Rangkaian listrik yang dipasang di rumah-rumah menggunakan rangkaian paralel dan bukan rangkain seri. Apa keuntungan menggunakan rangkaian paralel tersebut?
3.      Sebutkan sifat-sifat dan prinsip yang berlaku pada rangkaian listrik seri dan paralel!

                    Nilai akhir =  (Skor perolehan/skor maksimal) x 100
     c. Rubrik Penilaian unjuk kerja/praktek
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
Keterangan
1
Rangkaian alat
Rangkaian tidak benar
Rangkaian alat benar, tetapi tidak rapi atau tidak memperhatikan keselamatankerja
Rangkaian alat benar, rapi, dan memperhatikan keselamatan kerja

2
Pengamatan
Pengamat an tidak cermat
Pengamatan cermat, tetapi mengandung interpretasi
Pengamatan cermat dan bebas interpretasi



Data yang diperoleh
Data tidak lengkap
Data lengkap, tetapi tidak terorganisir, atau ada yang salah tulis
Data lengkap, terorganisir, dan ditulis dengan benar


                                    Nilai akhir =  (Skor perolehan/skor maksimal) x 100
D. Penilaian Produk
     Materi Pelajaran     :                                                                  
Nama Peserta didik :
Nama Proyek           : Pembuatan rangkaian listrik seri dan paralel              
Kelas                       :  IX
     Alokasi waktu        :
No.
Tahapan
Skor (1 - 5)*
1
Tahap Perencanaan Bahan

2
Tahap Proses Pembuatan :
a.Persiapan alat dan bahan
b. Teknik Pengolahan
c. K3 ( Keselamatan kerja, keamanan dan kebersihan)

3.
Tahap Akhir ( Hasil Produk )
a.       Bentuk Fisik
b.      Inovasi


Total Skor


Catatan :
*) Skor diberikan dengan rentang skor 1 sampai  5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin tinggi nilainya.
3. Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
 JIka terdapat lebih dari 50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67; maka dilaksanakan pembelajaran remedial (remedial teaching), terhadap kelompok tersebut.
 Jika terdapat 30%-50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67; maka dilaksanakan penugasan dan tutor sebaya terhadap kelompok tersebut.
 Jika terdapat kurang dari 30% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67; maka diberikan tugas terhadap kelompok tersebut.

Setelah remedial dilaksanakan kemudian dilaksanakan tes ulang pada indikator-indikator pembelajaran yang belum tercapai oleh masing-masing peserta didik.

Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang mendapat nilai di atas 2,67 dengan cara diberikan tugas mengkaji penerapan dan/mengerjakan soal-soal yang HOTS (High Order Thinking Skills) terkait dengan materi konsep listrik statis kelistrikan pada saraf hewan-hewan yang menghasilkan listrik


G.      MEDIA / ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.    Media : Power point, software pembelajaran pesona edu
2.    Alat dan bahan : penggaris plastik, mika plastik, kertas, kabel, baterai, gunting, aki, kunci, semangka,  jeruk, LED, wool dll
3.    Sumber Belajar
   ............ 2014. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTSn Kelas IX. Cetakan 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia



                                                                                        Sidoarjo, 27 Juli 2015

Mengetahui                                                                     Guru Mata Pelajaran IPA
Kepala SMPN 2 Tanggulangin                                              



Dra. Sri Marhaeni, M.Pd                                                Dwi Supriyantoro, S.Pd
NIP 1963090419880332006                                         NIP 197302121998021003







Gbr. Pengujian Alat Oleh Siswa Kelas 9B

a)        Pengujian rangkaian hambatan seri 


b)        Pengujian rangkaian hambatan paralel


No comments:

Post a Comment