Wednesday, 13 August 2025

CONTOH MODUL PEMBELAJARAN MENDALAM IPA SMP KELAS 7

 

MODUL PEMBELAJARAN MENDALAM

Mata Pelajaran         : IPA

Kelas/Semester        : VII / Ganjil

Materi                       : Klasifikasi Makhluk Hidup dan Ekosistem

Durasi                       : 6 JP

 

A.     Identitas Modul

1.      Penulis Modul      : ………………..

2.      Sekolah                : ………………..

3.      Tahun                   : 2025

4.      Model Pembelajaran : Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)

 

B.     Kompetensi Awal

Siswa telah:

1.      Mengenal perbedaan makhluk hidup dan benda mati.

2.      Melakukan pengamatan sederhana terhadap makhluk hidup di lingkungan rumah atau sekolah.

 

C.     Profil Pelajar Pancasila yang Dituju

1.    Beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia – Mensyukuri ciptaan Tuhan.

2.    Bernalar kritis – Mampu mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan cirinya.

3.    Bergotong royong – Bekerja sama saat observasi.

4.    Kreatif – Menyajikan hasil observasi dalam bentuk poster/infografis.

 

D.     Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat:

1.    Mengidentifikasi ciri makhluk hidup.

2.    Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan cirinya.

3.    Mendeskripsikan komponen ekosistem dan interaksi makhluk hidup.

4.    Menyajikan hasil observasi dalam bentuk laporan dan produk kreatif.

 

E.     Materi Pokok

1.    Ciri-ciri makhluk hidup

2.    Klasifikasi makhluk hidup (kingdom, filum, kelas)

3.    Komponen ekosistem (biotik, abiotik)

4.    Interaksi makhluk hidup (simbiosis, predasi, kompetisi)

 

F.     Alur Kegiatan Pembelajaran Mendalam

1.    Pendahuluan (15 menit)

a.      Apersepsi melalui video “Keanekaragaman Hayati Indonesia”.

b.      Tanya jawab awal.

c.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.    Eksplorasi Masalah (30 menit)

a.      Siswa melakukan observasi lapangan di lingkungan sekolah.

b.      Mencatat jenis makhluk hidup, cirinya, dan interaksi yang terlihat.

3.    Elaborasi Konsep (45 menit)

a.      Diskusi hasil observasi.

b.      Penjelasan konsep klasifikasi makhluk hidup dan ekosistem oleh guru.

c.      Kelompok membuat tabel klasifikasi sederhana dari hasil pengamatan.

4.    Refleksi & Penguatan (20 menit)

a.      Siswa menulis 3 hal yang dipelajari dan 1 hal yang masih membingungkan.

b.      Guru memberikan penguatan konsep.

5.    Aksi Nyata (Proyek)

a.      Kelompok membuat poster/infografis tentang keanekaragaman makhluk hidup di lingkungan sekolah.

b.      Presentasi hasil karya.

 

G.    LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)

LKPD 1 – Observasi Makhluk Hidup dan Ekosistem

1.     Petunjuk:

a.     Amati lingkungan sekolah.

b.     Catat hasilnya pada tabel di bawah ini.

c.     Gunakan kaca pembesar bila perlu.

No

Nama Makhluk Hidup

Ciri-ciri

Klasifikasi Sederhana

Interaksi dengan Makhluk Lain

1

2

dst

 

 

 

 

 

2.     Pertanyaan Pemantik (HOTS):

a.     Mengapa kita perlu mengelompokkan makhluk hidup?

b.     Bagaimana interaksi antar makhluk hidup mempengaruhi keseimbangan ekosistem?

c.     Apa yang akan terjadi jika salah satu komponen ekosistem hilang?

 

LKPD 2 – Proyek Poster/Infografis
Tugas:

Buatlah poster/infografis yang memuat:

1.     Foto atau gambar hasil observasi.

2.     Klasifikasi sederhana makhluk hidup.

3.     Penjelasan singkat tentang interaksi di ekosistem sekolah.

Kriteria: Kreatif, jelas, dan informatif.

 

H.    Asesmen

1.      Formatif

a.      Lembar observasi lapangan.

b.      Jawaban diskusi.

2.      Sumatif

a.      Rubrik Penilaian Laporan Observasi

Aspek

Skor 4 (Sangat Baik)

Skor 3 (Baik)

Skor 2 (Cukup)

Skor 1 (Kurang)

Ketepatan Klasifikasi

Semua data benar

1-2 data salah

3-4 data salah

>4 data salah

Kelengkapan Data

Lengkap & rapi

Lengkap

Kurang lengkap

Banyak kosong

Analisis Interaksi

Mendalam & tepat

Tepat

Kurang tepat

Tidak ada

 

b.      Rubrik Penilaian Poster/Infografis

Aspek

Skor 4 (Sangat Baik)

Skor 3 (Baik)

Skor 2 (Cukup)

Skor 1 (Kurang)

Kreativitas

Sangat menarik

Menarik

Kurang menarik

Tidak menarik

Informasi

Lengkap & jelas

Lengkap

Kurang lengkap

Tidak jelas

Kerapian

Sangat rapi

Rapi

Kurang rapi

Berantakan

 

I.       Refleksi

1.      Peserta Didik:

a.      Sebutkan 3 hal yang kamu pelajari hari ini.

b.      Apa manfaatnya bagi kehidupanmu?

2.      Guru:

a.      Apakah siswa aktif dalam observasi?

b.      Apakah tujuan pembelajaran tercapai?

 

No comments:

Post a Comment