MODUL PEMBELAJARAN MENDALAM
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII /
Ganjil
Materi :
Klasifikasi Makhluk Hidup dan Ekosistem
Durasi : 6
JP
A. Identitas Modul
1. Penulis Modul : ………………..
2. Sekolah :
………………..
3. Tahun :
2025
4. Model Pembelajaran : Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)
B. Kompetensi Awal
Siswa telah:
1.
Mengenal perbedaan makhluk hidup dan benda mati.
2.
Melakukan pengamatan sederhana terhadap makhluk
hidup di lingkungan rumah atau sekolah.
C. Profil Pelajar Pancasila yang Dituju
1.
Beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia –
Mensyukuri ciptaan Tuhan.
2.
Bernalar kritis – Mampu mengklasifikasikan
makhluk hidup berdasarkan cirinya.
3.
Bergotong royong – Bekerja sama saat observasi.
4.
Kreatif – Menyajikan hasil observasi dalam
bentuk poster/infografis.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.
Mengidentifikasi ciri makhluk hidup.
2.
Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan
persamaan dan perbedaan cirinya.
3.
Mendeskripsikan komponen ekosistem dan interaksi
makhluk hidup.
4.
Menyajikan hasil observasi dalam bentuk laporan
dan produk kreatif.
E. Materi Pokok
1.
Ciri-ciri makhluk hidup
2.
Klasifikasi makhluk hidup (kingdom, filum,
kelas)
3.
Komponen ekosistem (biotik, abiotik)
4.
Interaksi makhluk hidup (simbiosis, predasi,
kompetisi)
F. Alur Kegiatan Pembelajaran Mendalam
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Apersepsi melalui video “Keanekaragaman Hayati
Indonesia”.
b.
Tanya jawab awal.
c.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Eksplorasi Masalah (30 menit)
a.
Siswa melakukan observasi lapangan di lingkungan
sekolah.
b.
Mencatat jenis makhluk hidup, cirinya, dan
interaksi yang terlihat.
3. Elaborasi Konsep (45 menit)
a.
Diskusi hasil observasi.
b.
Penjelasan konsep klasifikasi makhluk hidup dan
ekosistem oleh guru.
c.
Kelompok membuat tabel klasifikasi sederhana
dari hasil pengamatan.
4. Refleksi & Penguatan (20 menit)
a.
Siswa menulis 3 hal yang dipelajari dan 1 hal
yang masih membingungkan.
b.
Guru memberikan penguatan konsep.
5. Aksi Nyata (Proyek)
a.
Kelompok membuat poster/infografis tentang
keanekaragaman makhluk hidup di lingkungan sekolah.
b.
Presentasi hasil karya.
G. LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
LKPD 1 –
Observasi Makhluk Hidup dan Ekosistem
1. Petunjuk:
a.
Amati lingkungan sekolah.
b.
Catat hasilnya pada tabel di bawah ini.
c.
Gunakan kaca pembesar bila perlu.
No |
Nama Makhluk Hidup |
Ciri-ciri |
Klasifikasi Sederhana |
Interaksi dengan Makhluk Lain |
1 |
||||
2 |
||||
dst |
|
|
|
|
2. Pertanyaan
Pemantik (HOTS):
a.
Mengapa kita perlu mengelompokkan makhluk hidup?
b.
Bagaimana interaksi antar makhluk hidup
mempengaruhi keseimbangan ekosistem?
c.
Apa yang akan terjadi jika salah satu komponen
ekosistem hilang?
LKPD 2 –
Proyek Poster/Infografis
Tugas:
Buatlah
poster/infografis yang memuat:
1. Foto
atau gambar hasil observasi.
2. Klasifikasi
sederhana makhluk hidup.
3. Penjelasan
singkat tentang interaksi di ekosistem sekolah.
Kriteria: Kreatif, jelas, dan
informatif.
H. Asesmen
1. Formatif
a. Lembar observasi lapangan.
b. Jawaban diskusi.
2. Sumatif
a.
Rubrik Penilaian Laporan Observasi
Aspek |
Skor 4 (Sangat Baik) |
Skor 3 (Baik) |
Skor 2 (Cukup) |
Skor 1 (Kurang) |
Ketepatan Klasifikasi |
Semua data benar |
1-2 data salah |
3-4 data salah |
>4 data salah |
Kelengkapan Data |
Lengkap & rapi |
Lengkap |
Kurang lengkap |
Banyak kosong |
Analisis Interaksi |
Mendalam & tepat |
Tepat |
Kurang tepat |
Tidak ada |
b. Rubrik Penilaian Poster/Infografis
Aspek |
Skor 4 (Sangat Baik) |
Skor 3 (Baik) |
Skor 2 (Cukup) |
Skor 1 (Kurang) |
Kreativitas |
Sangat menarik |
Menarik |
Kurang menarik |
Tidak menarik |
Informasi |
Lengkap & jelas |
Lengkap |
Kurang lengkap |
Tidak jelas |
Kerapian |
Sangat rapi |
Rapi |
Kurang rapi |
Berantakan |
I. Refleksi
1.
Peserta
Didik:
a. Sebutkan 3 hal yang kamu pelajari hari ini.
b.
Apa
manfaatnya bagi kehidupanmu?
2.
Guru:
a. Apakah siswa aktif dalam observasi?
b.
Apakah
tujuan pembelajaran tercapai?
No comments:
Post a Comment