MODUL PEMBELAJARAN MENDALAM
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
Jenjang : Sekolah
Dasar (Kelas 4–6)
Tema :
Pemanfaatan Energi dalam Kehidupan Sehari-hari
I.
Pendahuluan
A.
Latar
Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan pelajaran yang berperan
penting dalam membentuk cara berpikir ilmiah, kritis, dan eksploratif pada
siswa. Melalui pendekatan Pembelajaran Mendalam, siswa tidak hanya memahami
fakta, tetapi juga mampu mengeksplorasi dan memecahkan permasalahan nyata di
sekitarnya.
B.
Tujuan
Modul
1. Modul
ini bertujuan untuk:
2.
Meningkatkan
pemahaman konsep energi dan pemanfaatannya.
3.
Mengembangkan
keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif.
4.
Meningkatkan
kesadaran terhadap energi ramah lingkungan.
II.
Kompetensi
dan Capaian Pembelajaran
Komponen |
Deskripsi |
Elemen CP |
Energi
dan Perubahannya |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Menjelaskan
berbagai bentuk energi, perubahan energi, dan sumber energi alternatif serta
manfaatnya bagi kehidupan manusia |
Profil Pelajar Pancasila |
Bernalar
kritis, Mandiri, dan Peduli lingkungan |
III.
Topik
dan Submateri
A.
Macam-macam
Energi (energi panas, cahaya, gerak, listrik)
B.
Perubahan
Energi (contoh perubahan energi dalam alat rumah tangga)
C.
Sumber
Energi Terbarukan dan Tidak Terbarukan
D.
Hemat
Energi dan Dampaknya bagi Lingkungan
IV.
Rencana
Kegiatan Pembelajaran Mendalam (3 Minggu)
A.
Minggu 1:
Eksplorasi dan Pengamatan
1.
Kegiatan:
a.
Menonton
video pendek tentang sumber energi
b.
Observasi
di rumah/sekolah: alat-alat yang menggunakan energi
2. Tujuan:
a. Menggali
pengetahuan awal dan membangun rasa ingin tahu siswa
B.
Minggu 2:
Eksperimen dan Proyek Mini
1.
Kegiatan:
a.
Membuat
kincir angin dari kertas
b.
Mencoba
menyimpan panas dari sinar matahari menggunakan plastik hitam
c.
Diskusi
kelompok: energi apa saja yang digunakan di rumah?
2.
Tujuan:
a. Membangun
pemahaman melalui praktik langsung dan refleksi
C.
Minggu 3:
Produk dan Presentasi
1.
Kegiatan:
a. Siswa
membuat poster hemat energi atau maket alat sederhana berbasis energi
alternatif
b. Presentasi
hasil proyek di depan kelas
2. Tujuan:
a. Melatih
kemampuan komunikasi, kolaborasi, dan aplikasi konsep
V.
Strategi
dan Metode
A.
Pendekatan:
Inkuiri, Proyek Berbasis Masalah (PjBL)
B.
Metode:
Diskusi kelompok, eksperimen, studi lapangan ringan, presentasi
C.
Sumber
Belajar: Buku tematik, internet (materi terkontrol), lingkungan sekitar
VI.
Penilaian
Jenis Penilaian |
Bentuk |
Keterangan |
Diagnostik |
Tanya jawab awal |
Untuk mengetahui pemahaman awal siswa |
Formatif |
Lembar kerja, observasi eksperimen |
Untuk memberi umpan balik selama proses |
Sumatif |
Produk (poster/maket), presentasi, jurnal refleksi |
Untuk menilai pemahaman akhir siswa secara otentik |
VII. Refleksi dan Umpan Balik
Setelah proyek selesai, siswa diajak menulis refleksi
pribadi:
A.
Apa yang
saya pelajari?
B.
Apa
tantangan selama proyek?
C.
Bagaimana
saya bisa menghemat energi di rumah?
Guru juga memberikan umpan
balik naratif dan apresiasi terhadap proses serta hasil belajar siswa.
VIII.
Penutup
Modul ini dirancang untuk mendorong siswa berpikir mendalam,
mengalami pembelajaran yang bermakna, serta terlibat aktif dalam memecahkan
masalah nyata di sekitarnya. Pembelajaran IPA tidak hanya sekadar menghafal,
tetapi mengembangkan sikap ilmiah dan peduli lingkungan sejak dini.
Lampiran (Opsional
jika akan dibuat versi cetak):
A.
Rubrik penilaian proyek
B.
Lembar observasi siswa
C.
Lembar refleksi
D.
Gambar alat peraga dan poster contoh
No comments:
Post a Comment