Wednesday, 13 August 2025

CONTOH MODUL PEMBELAJARAN MENDALAM KELAS 4-6 SEKOLAH DASAR

 

MODUL PEMBELAJARAN MENDALAM

Mata Pelajaran    : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Jenjang               : Sekolah Dasar (Kelas 4–6)

Tema                   : Pemanfaatan Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

 

I.       Pendahuluan

A.     Latar Belakang

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan pelajaran yang berperan penting dalam membentuk cara berpikir ilmiah, kritis, dan eksploratif pada siswa. Melalui pendekatan Pembelajaran Mendalam, siswa tidak hanya memahami fakta, tetapi juga mampu mengeksplorasi dan memecahkan permasalahan nyata di sekitarnya.

B.     Tujuan Modul

1.      Modul ini bertujuan untuk:

2.      Meningkatkan pemahaman konsep energi dan pemanfaatannya.

3.      Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif.

4.      Meningkatkan kesadaran terhadap energi ramah lingkungan.

 

II.     Kompetensi dan Capaian Pembelajaran

Komponen

Deskripsi

Elemen CP

Energi dan Perubahannya

Capaian Pembelajaran (CP)

Menjelaskan berbagai bentuk energi, perubahan energi, dan sumber energi alternatif serta manfaatnya bagi kehidupan manusia

Profil Pelajar Pancasila

Bernalar kritis, Mandiri, dan Peduli lingkungan

 

III.   Topik dan Submateri

A.     Macam-macam Energi (energi panas, cahaya, gerak, listrik)

B.     Perubahan Energi (contoh perubahan energi dalam alat rumah tangga)

C.     Sumber Energi Terbarukan dan Tidak Terbarukan

D.     Hemat Energi dan Dampaknya bagi Lingkungan

 

IV.   Rencana Kegiatan Pembelajaran Mendalam (3 Minggu)

A.     Minggu 1: Eksplorasi dan Pengamatan

1.      Kegiatan:

a.       Menonton video pendek tentang sumber energi

b.      Observasi di rumah/sekolah: alat-alat yang menggunakan energi

2.      Tujuan:

a.       Menggali pengetahuan awal dan membangun rasa ingin tahu siswa

B.     Minggu 2: Eksperimen dan Proyek Mini

1.      Kegiatan:

a.       Membuat kincir angin dari kertas

b.      Mencoba menyimpan panas dari sinar matahari menggunakan plastik hitam

c.       Diskusi kelompok: energi apa saja yang digunakan di rumah?

2.      Tujuan:

a.       Membangun pemahaman melalui praktik langsung dan refleksi

C.     Minggu 3: Produk dan Presentasi

1.      Kegiatan:

a.       Siswa membuat poster hemat energi atau maket alat sederhana berbasis energi alternatif

b.      Presentasi hasil proyek di depan kelas

2.      Tujuan:

a.       Melatih kemampuan komunikasi, kolaborasi, dan aplikasi konsep

 

V.     Strategi dan Metode

A.     Pendekatan: Inkuiri, Proyek Berbasis Masalah (PjBL)

B.     Metode: Diskusi kelompok, eksperimen, studi lapangan ringan, presentasi

C.     Sumber Belajar: Buku tematik, internet (materi terkontrol), lingkungan sekitar

 

VI.   Penilaian

Jenis Penilaian

Bentuk

Keterangan

Diagnostik

Tanya jawab awal

Untuk mengetahui pemahaman awal siswa

Formatif

Lembar kerja, observasi eksperimen

Untuk memberi umpan balik selama proses

Sumatif

Produk (poster/maket), presentasi, jurnal refleksi

Untuk menilai pemahaman akhir siswa secara otentik

 

VII. Refleksi dan Umpan Balik

Setelah proyek selesai, siswa diajak menulis refleksi pribadi:

A.     Apa yang saya pelajari?

B.     Apa tantangan selama proyek?

C.     Bagaimana saya bisa menghemat energi di rumah?

Guru juga memberikan umpan balik naratif dan apresiasi terhadap proses serta hasil belajar siswa.

 

VIII.       Penutup

Modul ini dirancang untuk mendorong siswa berpikir mendalam, mengalami pembelajaran yang bermakna, serta terlibat aktif dalam memecahkan masalah nyata di sekitarnya. Pembelajaran IPA tidak hanya sekadar menghafal, tetapi mengembangkan sikap ilmiah dan peduli lingkungan sejak dini.

 

Lampiran (Opsional jika akan dibuat versi cetak):

A.     Rubrik penilaian proyek

B.     Lembar observasi siswa

C.     Lembar refleksi

D.     Gambar alat peraga dan poster contoh

 

No comments:

Post a Comment