LAPORAN
PEMBUATAN DAN
PENGGUNAAN
MEDIA PEMBELAJARAN IPA
BERUPA ALAT PRAKTIKUM
RANGKAIAN
LISTRIK SERI DAN PARALEL
Oleh
DWI
SUPRIYANTORO, S.Pd
NIP.
197302121998021003
SMP
NEGERI 2 TANGGULANGIN
PEMERINTAH
KABUPATEN SIDOARJO
DINAS
PENDIDIKAN
SMP
NEGERI 2 TANGGULANGIN
Ds.
Kedungbanteng - Tanggulangin
2016
HALAMAN
PENGESAHAN
Judul Laporan
|
:
|
Pembuatan dan Penggunaan Media Pembelajaran
IPA berupa Alat Praktikum Rangkaian Listrik Seri dan Paralel
|
Nama Pembuat
|
:
|
Dwi Supriyantoro, S.Pd.
|
NIP
Pangkat/Golongan
NUPTK
|
:
:
:
|
197302121998021003
Pembina/IVa
1544751652200012
|
Tempat Tugas
Mengampu Mapel
|
:
:
|
SMP Negeri 2 Tanggulangin
IPA
|
Pembuatan
dan Penggunaan Media Pembelajaran yang
dilaporkan
Rangkaian
Listrik Seri dan Paralel adalah Alat Praktikum IPA
Membenarkan
bahwa semua isi dalam Laporan Pembuatan dan Penggunaan Media Pembelajaran Berupa
Alat Praktikum Rangkaian Hambatan Listrik Seri dan Paralel ini sesuai dengan
kegiatan yang dilakukan dan hasil tulisan asli yang bersangkutan
Sidoarjo, 30 Maret 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah/Pengawas,
Dra. Hj. Sri Marhaeni, M.Pd
NIP.
196309041988032006
|
Koordinator
PKB,
Mustofa Maula, S.Pd
NIP.
1964082 61991031005
|
Penyusun,
Dwi
Supriyantoro, S.Pd.
NIP.
197302121998021003
|
KATA PENGANTAR
Ungkapan
puji syukur Alhamdulillah penulis kehadirat Alloh SWT, atas segala rahmat dan
karunia yang dilimpahkan kepada kita semua khususnya kepada penulis,
sehingga laporan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran IPA yang saya
beri nama Rangkaian Listrik Seri dan
Paralel, dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah diprogramkan.
Laporan
pembuatan dan penggunaan media IPA ini dapat diselesaikan berkat bantuan,
bimbingan, dorongan serta petunjuk dari berbagai pihak, karena itu penulis
mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
1. Kepala SMP Negeri 2 Tanggulangin, Kepala
Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo yang telah memberikan motivasi penulis
untuk menyusun laporan ini hingga selesai.
2. Teman-teman seprofesi yang telah
memberikan bantuan pemikiran dan pendapat-pendapat dalam penulisan laporan ini.
Penulis menyadari bahwa di dalam laporan ini
tentunya masih banyak terdapat kekurangan, baik dalam penyusunan,
penyajian maupun sistematika penulisannya, untuk itu penulis mengharapkan
kritik dan saran yang membangun dari semua pihak, demi kesempurnaan penulisan
laporan ini. Penulis berharap agar laporan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran
IPA ini dapat bermanfaat bagi pihak lain yang membutuhkan.
Sidoarjo, 30 Maret 2016
Penulis
Dwi Supriyantoro
DAFTAR ISI
Hal
|
|
Sampul
......................................................................................
Halaman Sampul .......................................................................
Lembar Pengesahan ..................................................................
Kata
Pengantar...........................................................................
Daftar Isi
...................................................................................
Daftar Gambar
..........................................................................
A. Jenis Karya Inovatif
...........................................................
B. Nama Media
.......................................................................
C. Tujuan
................................................................................
D. Manfaat ...............................................................................
E. Rancangan Media Pembelajaran
........................................
F. Prosedur Pembuatan
..........................................................
G. Prosedur Penggunaan
........................................................
H. RPP ......................................................................................
B.
|
2
3
4
5
21
5
5
5
5
6
8
8
11
|
PEMBAHASAN
A. Jenis Karya Inovatif
Karya
Inovatif yang diajukan adalah Pembuatan dan Penggunaan Media Pembelajaran IPA berupa
Alat Praktikum.
B. Nama Media Pembelajaran
Rangkaian
Listrik Seri dan Paralel
C. Tujuan
Tujuan
dari pembuatan dan penggunaan media pembelajaran IPA Rangkaian Listrik Seri dan
Paralel dijelaskan di bawah ini.
1. Mempermudah
peserta didik di dalam menguasai IPA khususnya Rangkaian Listrik dalam materi
Listrik Dinamis
2. Membantu
peserta didik di dalam memahami konsep yang abstrak.
3. Membantu
peserta didik di dalam mengaktualkan Rangkaian Listrik dalam kehidupan sehari-hari.
4. Memotivasi
peserta didik di dalam mempelajari Rangkaian Listrik, karena media ini dikemas
dalam pembelajaran aktif dan menyenangkan. (Active
and Joyful Learning).
5. Mengatasi
keterbatasan alat praktikum khususnya Rangkaian Listrik apabila terjadi di
sekolah atau sama sekali tidak ada .
D. Manfaat
1. Bagi
peserta didik, menjadi media pembelajaran yang efektif di dalam menguasai konsep
IPA khususnya Rangkaian Listrik.
2. Bagi
peserta didik, pembelajaran dapat pula dilakukan di rumah dengan membuat model
yang serupa (sebagai contoh Penugasan/Produk oleh guru)
3. Bagi
pendidik yang mengampu mata pelajran IPA, sebagai salah satu kekayaan
intelektual yang berbentuk media pembelajaran yang berfungsi untuk penguasaan IPA
khususnya Rangkaian Listrik bagi peserta didik.
4. Bagi
pembaca, media pembelajaran IPA Rangkaian Listrik ini dapat dimodifikasi dan
dimanfaatkan untuk pembelajaran mata pelajaran lain yang memiliki banyak sub
bahasan.
E. Rancangan Media
Rancangan
Alat Praktikum IPA Rangkaian Listrik Seri dan Paralel
Dibuat
pada papan rangkaian dari bahan plastik
mika yang biasa dipakai sebagai alas untuk menulis waktu ujian.
3
buah lampu yang identik nilai tegangan dan hambatannya dipasang pada papan rangkaian dan dihubungkan dengan kabel
listrik ukuran + 1,5mm, pemilihan kabel ukuran kecil berdasarkan
kebutuhan sumber tegangan rendah dan arus lemah diharapkan hasil yang di dapat
bisa lebih optimal.
Selanjutnya
kabel dihubungkan ke baterai atau sumber tegangan dengan melalui saklar
terlebih dahulu.
Rancangan
rangkaian terbagi menjadi 2 macam:
b. Rangkaian
disusun secara paralel
F. Prosedur Pembuatan
Untuk membuat Alat Peraga Rangkaian Hambatan Listrik
Seri dan Paralel di atas akan dijelaskan sebagai berikut:
1.
Alat
·
Solder
Listrik
·
Tang
·
Obeng
·
Bor
·
Timah
2. Bahan
·
Kabel
·
Baterai
·
Lampu 2,5V dan holder
·
Plastik mika
·
Saklar
· Lem
3.
Langkah-langkah
pembuatan
a) Membuat rencana/rancangan rangkaian dalam
bentuk skema rangkaian
b) Membuat pola rangkaian sesuai skema
rangkaian pada papan mika
Gambar 1. Skema
dan Pola Rancangan Rangkaian
c) Menyiapkan alat-alat dan bahan yang
diperlukan
|
|
d) Satu persatu bahan disusun pada papan
rangkaian sehingga terbentuk rangkaian seperti gambar berikut:
Gbr.5 Memasang lampu Gbr. 6
Merekatkan komponen lain
G. Prosedur Penggunaan
Berikut ini akan dipaparkan bagaimana prosedur
menggunakan media pembelajaran IPA Rangkaian Hambatan Listrik Seri dan Paralel sebagai
berikut:
1)
Rangkaian
terbuka. Kondisi awal rangkaian dalam keadaan belum terhubung dengan kawat
penghantar.
2) Menghubungkan
kawat penghantar sesuai dengan karakter rangkaian seri atau paralel
3) Mengamati
kondisi lampu dengan memberi perlakuan menekan saklar pada posisi masing-masing
secara bergantian.
5) Pada
rangkaian listrik ini juga dapat digunakan untuk pembelajaran konsep:
Ø Rangkaian
listrik seri dan paralel
Ø Rangkaian
terbuka, rangkaian tertutup
Ø Hukum
Ohm
Ø Hukum
I Kirchoff
Ø Energi
listrik
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMPN 2 Tanggulangin
MATA PELAJARAN :
IPA
KELAS / SEMESTER : IX / 1
WAKTU : 5 Pertemuan ( 15 JP )
A. KOMPETENSI INTI
KI.1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI.3 Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan
bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukanpengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku
bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan
energi secara hemat dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang yang
menjaga kelestarian lingkungan
3.5
Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran
listrik, kelistrikan pada sistem syaraf dan contohnya pada hewan-hewan yang
mengandung listrik
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan
listrik statis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan
3.6. Mendeskripsikan
karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi
listrik alternatif (termasuk bioenergi) berbagai upaya dalam menghemat energi
listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan
4.5 Melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik
rangkaian listrik, serta hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan
waktu pemakaian
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1
Menunjukkan perilaku rasa syukur terhadap
keteraturan dan kompleksi tas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan perananmanusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1.1
Menunjukkan perilaku bekerja sama,
santun, toleran, responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud
kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
3.5.1.
Menyebutkan contoh gejala kelistrikan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
3.5.2.
Menyebutkan jenis-jenis muatan listrik.
3.5.3.
Menjelaskan interaksi dua muatan listrik.
3.5.4. Menjelaskan
fungsi dan prinsip kerja elektroskop.
3.5.5.
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi besar gaya Coulomb dua muatan
listrik.
3.5.5.
Menghitung besarnya gaya Coulomb dua muatan listrik.
3.5.6.
Menghitung besar medan listrik.
4.4.1. Melakukan
percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya
4.4.2. Membuat
elektroskop sederhana
3.5.7.
Menjelaskan prinsip kerja baterai alternatif dari buah.
3.6.1. Mengidentifikasi jenis rangkaian listrik
terbuka dan rangkaian listrik tertutup.
3.6.2.
Mengidentifikasi bagian sel saraf.
3.6.3.
Menghitung beda potensial listrik.
3.3.5 Membedakan
bahan konduktor, semikonduktor, dan isolator listrik.
3.6.5 Menghitung
besar hambatan pada beberapa jenis bahan.
4.4.3. Melakukan
percobaan untuk menyelidiki sifat hantaran listrik bahan
3.6.6.
Menjelaskan tentang prinsip kelistrikan pada saraf manusia.
3.6.7.Menyebutkan
hewan-hewan yang menghasilkan listrik.
3.6.8. Membedakan karakteristik rangkaian listrik seri dan paralel.
3.6.8.
Menghitung besar arus listrik dalam suatu kawat penghantar.
3.6.9 Menghitung besar energi listrik.
3.6.10.
Menghitung besar daya listrik.
3.6.11.
Menghitung biaya listrik bulanan rumah tangga.
3.6.12.
Menyebutkan contoh sumber-sumber energi listrik alternatif.
3.6.13.
Menjelaskan prinsip kerja sumber-sumber energi listrik alternatif.
3.6.14
Menyebutkan zat kimia yang terkandung dalam tanaman sebagai sumber bioenergi.
3.6.15
Menyebutkan upaya-upaya penghematan listrik.
3.6.16 Menyebutkan
penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar.
3.6.17.
Menyebutkan upaya pencegahan bahaya penggunaan listrik dalam kehidupan.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Materi
Reguler
Penggalan
materi
Pada rangkaian
listrik yang tidak memiliki percabangan kabel, rangkaian tersebut disebut
rangkaian seri.
Pada rangkaian
listrik yang memiliki percabangan kabel, rangkaian tersebut disebut
rangkaian paralel.
2.
Materi Pengayaan
Contoh
penerapan rangkaian listrik seri dan paralel dalam kehidupan sehari-hari
3.
Materi
Remedial
Materi
remedial merupakan materi reguler . Materi ini diberikan kepada peserta didik
yang belum mencapai ketuntasan belajar. Materi yang diberikan disesuaikan
dengan bagian materi yang belum dikuasai oleh peserta didik pada
indikator-indikator pencapaian kompetensi tertentu dan guru dapat menggunakan
strategi/metode yang berbeda dengan pembelajaran sebelumnya.
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
1 ( 2JP )
........
Pertemuan 5 ( 2 JP
)
1.
Pendahuluan
a. Menyiapkan peserta didik untuk belajar
b. Guru mengabsen kehadiran peserta didik
c. Guru
memberikan pertanyaan untuk mengetahui materi pertemuan yang lalu
Ø Tuliskanlah hubungan antara kuat arus dan
tegangan !
Ø Bila dalam suatu rangkaian listrik terdapat kuat arus 10 A sedangkan hambatan 2 Ohm berapakah tegangan pada
rangkaian tersebut!
d. Guru menyampaikan
kompetensi yang akan
dicapai
dan
rencana
kegiatan
e.
Guru
menyampaikan manfaat materi pembelajaran energi
listrik
f.
Guru
membagi peserta didik menjadi enam kelompok
2. Kegiatan inti
a.
Mengamati
1).
Pemberian stimulus dengan menyajikan demontrasi Kipas angin
·
Dengan Memindah hambatan 1 sampai 5
·
Menunjukkan daya dari Kipas angin
2). Peserta didik mengamati kecepatan
gerak kipas angin tersebut.
b.
Menanya
1).
Dari demonstrasi peserta didik membuat
pertanyaan tentang demontrasi tersebut
2).
Peserta didik menuliskan hipotesis tentang kipas angin yang bergerak dengan
lambat sampai cepat
c.
Mengumpulkan informasi / data
1).
Guru meminta peserta didik untuk mempelajari buku IPA KLS 9 Semester ganjil
untuk materi energi listrik
2). Guru membagikan Lembar Kerja Peserta didik
serta alat bola lampu, Ampermeter, Voltmeter , papan rangkaian, kabel, baterai.
3).
Secara berkelompok, serta didik melakukan percobaan rangkaian listrik seri dan
paralel dengan menggunakan alat dan bahan
yang sesuai dengan lembar kerja yang telah disediakan.
4).
Menuliskan hasil pengamatan di lembar kerja.
d.
Mengasosiasi
1).
Setelah mendapatkan data secara kelompok peserta didik mengasosiasi / mengolah
data untuk membuat kesimpulan
2).
Menyesuaiakan bahwa hipotesis pada awal pelajaran dapat dibuktikan dengan benar
dengan kesimpulan yang tepat
e.
Mengkomunikasikan
1).
Kelompok menyampaikan hasil pengamatannya di kelas sehingga nanti dapat diambil
kesimpulan secara klasikal
3.
Kegiatan Penutup
a. Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan
pembelajaran.
b. Guru memberikan pertanyaan
Ø Apa
perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel!
Ø Prinsip
apa saja yang berlaku pada rangkaian listrik seri dan paralel?
c. Guru menyampaikan materi untuk pertemuan
yang akan datang yaitu tentang Energi listrik dan penghematan energi listrik.
F.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
Teknik penilaian yang digunakan yaitu
sebagai berikut.
Metode/Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
- Observasi
|
- Lembar pengamatan sikap dan rubrik
|
- Tes tulis
|
- Tes Uraian
|
- Tes Praktek
|
- Lembar Kerja Peserta didik
|
- Penilaian Produk
|
- Lembar Penilaian Produk
|
2.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Kompetensi Sikap
Lembar Pengamatan Sikap/Perilaku pada saat
Diskusi
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kerja sama
|
Disiplin
|
Jujur
|
Cara pengisian lembar penilaian sikap
adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama
kegiatan.
Kriterianya yaitu:
4 =
sangat baik; 3 = baik; 2 = cukup; 1 = kurang
b.
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Tes Uraian
Jawablah
Pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Jelaskan
perbedaan rangkaian seri dan paralel!
2. Rangkaian
listrik yang dipasang di rumah-rumah menggunakan rangkaian paralel dan bukan
rangkain seri. Apa keuntungan menggunakan rangkaian paralel tersebut?
3. Sebutkan
sifat-sifat dan prinsip yang berlaku pada rangkaian listrik seri dan paralel!
Nilai akhir = (Skor perolehan/skor maksimal) x 100
c. Rubrik Penilaian unjuk kerja/praktek
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
Keterangan
|
||
1
|
Rangkaian alat
|
Rangkaian tidak benar
|
Rangkaian alat benar, tetapi tidak
rapi atau tidak memperhatikan keselamatankerja
|
Rangkaian alat benar, rapi, dan
memperhatikan keselamatan kerja
|
|
2
|
Pengamatan
|
Pengamat an tidak cermat
|
Pengamatan cermat, tetapi
mengandung interpretasi
|
Pengamatan cermat dan bebas interpretasi
|
|
Data yang diperoleh
|
Data tidak lengkap
|
Data lengkap, tetapi tidak
terorganisir, atau ada yang salah tulis
|
Data lengkap, terorganisir, dan
ditulis dengan benar
|
Nilai akhir =
(Skor perolehan/skor maksimal) x 100
D.
Penilaian Produk
Materi Pelajaran :
Nama Peserta didik :
Nama
Proyek : Pembuatan rangkaian
listrik seri dan paralel
Kelas : IX
Alokasi waktu :
No.
|
Tahapan
|
Skor (1 - 5)*
|
1
|
Tahap
Perencanaan Bahan
|
|
2
|
Tahap Proses
Pembuatan :
a.Persiapan
alat dan bahan
b. Teknik
Pengolahan
c. K3 ( Keselamatan
kerja, keamanan dan kebersihan)
|
|
3.
|
Tahap Akhir (
Hasil Produk )
a. Bentuk Fisik
b. Inovasi
|
|
Total Skor
|
Catatan :
*) Skor diberikan dengan rentang skor 1
sampai 5, dengan ketentuan semakin
lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin tinggi
nilainya.
3.
Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
JIka terdapat lebih dari 50% peserta didik yang mendapat nilai
di bawah 2,67; maka dilaksanakan pembelajaran remedial (remedial teaching),
terhadap kelompok tersebut.
Jika terdapat 30%-50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah
2,67; maka dilaksanakan penugasan dan tutor sebaya terhadap kelompok tersebut.
Jika terdapat kurang dari 30% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67;
maka diberikan tugas terhadap kelompok tersebut.
Setelah
remedial dilaksanakan kemudian dilaksanakan tes ulang pada indikator-indikator
pembelajaran yang belum tercapai oleh masing-masing peserta didik.
Pengayaan
Pengayaan
diberikan kepada peserta didik yang mendapat nilai di atas 2,67 dengan cara
diberikan tugas mengkaji penerapan dan/mengerjakan soal-soal yang HOTS (High
Order Thinking Skills) terkait dengan materi konsep listrik statis kelistrikan
pada saraf hewan-hewan yang menghasilkan listrik
G. MEDIA / ALAT, BAHAN DAN SUMBER
BELAJAR
1. Media
: Power point, software pembelajaran pesona edu
2. Alat
dan bahan : penggaris plastik, mika plastik, kertas, kabel, baterai, gunting,
aki, kunci, semangka, jeruk, LED, wool
dll
3. Sumber Belajar
............ 2014. Ilmu Pengetahuan Alam
SMP/MTSn Kelas IX. Cetakan 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia
Sidoarjo, 27 Juli 2015
Mengetahui Guru Mata Pelajaran IPA
Kepala SMPN 2 Tanggulangin
Dra. Sri Marhaeni, M.Pd Dwi Supriyantoro, S.Pd
NIP 1963090419880332006 NIP 197302121998021003
Gbr. Pengujian Alat Oleh Siswa Kelas 9B
a)
Pengujian rangkaian hambatan seri
b)
Pengujian rangkaian hambatan paralel