RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP...)
(RPP...)
Sekolah :
SMP NEGERI MANA GITU
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : VII/Ganjil
Materi Pokok :
Energi dalam Kehidupan
Alokasi Waktu :
6 pertemuan ( 15 JP)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.5. Memahami konsep energi, berbagai
sumber energi, dan perubahan bentuk
energi dalam kehidupan sehari-hari
termasuk fotosintesis.
|
3.5.1. Menjelaskan 3 konsep energi dan
Sumber sumber energi
3.5.2. Menjelaskan perubahan energi yang
terjadi di
alam dan dalam tubuh.
3.5.3. Menjelaskan konsep fotosintesis
|
4.5. Melakukan percobaan untuk
menyelidiki pengaruh kalor terhadap
suhu dan wujud
benda serta
perpindahan kalor.
|
4.1.1. Menyajikan hasil pengamatan,
inferensi, dan
mengomunikasikan
hasil
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Pertemuan
ke 1:
a.
Setelah membaca informasi
tentang konsep energi, peserta didik dapat menjelaskan konsep energi.
b. Melalui
percobaan, peserta didik dapat menemukan faktor yang mempengaruhi besarnya
energi potensial.
2.
Pertemuan ke 2:
a.
Melalui diskusi, peserta
didik dapat menjelaskan sumber-sumber energi.
b.
Melalui diskusi
peserta didik dapat membuat usulan tidakan untuk menghemat energi.
3.
Pertemuan ke 3:
a.
Peserta didik
dapat menjelaskan perubahan-perubahan energi yang terjadi di alam dan sekitar rumah.
b.
Peserta didik
dapat membedakan metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.
4.
Pertemuan ke 4:
a.
Peserta didik
dapat melakukan pengamatan terhadap fenomena transformasi energi dan
metabolisme sel.
b.
Peserta didik
dapat menjelaskan konsep fotosintesis.
5.
Pertemuan ke 5:
a.
Peserta didik
memiliki keterampilan berbicara di muka kelas melalui kegiatan presentasi hasil
praktikum fotosintesis.
6.
Ulangan harian
Fokus Penguatan karkater: religius, rasa ingin tahu.
D. Materi
Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran reguler
a.
Konsep Energi dan
Sumber Energi
b.
Energi adalah
kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan.
c.
Bentuk energi:
1)
Energi Potensial
2)
Energi potensial
gravitasi
3)
Energi potensial
elastis
4)
Energi Kinetik
d.
Sumber energi
1)
Sumber energi
terbarukan
a)
Hasil tambang
b)
Nuklir
2)
Sumber energi tak
terbarukan
a)
Energi matahari
b)
Pembangkit
listrik tenaga air
c)
Angin
d)
Tidal
e.
Transformasi
Energi dalam Sel dan Metabolisme Sel
f.
Respirasi
g.
Pencernaan
Makanan
h.
Fotosintesis
2.
Materi
pembelajaran pengayaan
a.
Sumber energi
b.
Transformasi energi
3.
Materi
pembelajaran remedial
a.
Transformasi
Energi dalam Sel dan Metabolisme Sel
b.
Respirasi
E. Metode
Pembelajaran
1.
Metode
pembelajaran: Inquiry Learning
F. Media dan Bahan:
1.
Media:
a.
Gambar alat yang
untuk menghasilkan
b.
Tayangan power
point tentang konsep energi dan sumber energi
2.
Bahan
-
3.
Alat:
a.
Laptop
b.
LCD proyektor
c.
Speaker
d.
Ketapel
e.
Butiran kertas
(kertas dibentuk bola kecil)
f.
Penggaris/ mistar
G. Sumber Belajar
1.
Kementeraian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia. 2016. Buku Siswa Ilmu
Pengetahuan Alam, SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Jakarta: Kementeraian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Halm: 1 s.d 7
2.
Kementeraian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia. 2016. Buku Guru Ilmu
Pengetahuan Alam, SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementeraian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia. Halm: 25 s.d 46.
3.
Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti). 2012 Model-model
Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Virtual dan Asesmennya untuk Membangun
Karakter Bangsa Pebelajar. Hibah Pascasarjana
Tahun Pertama. Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti).
Tahun Pertama. Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti).
6.
Kebun sekitar
sekolah
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Pertemuan
pertama: 3 JP
Tahap
|
Kegiatan
|
|
Pendahuluan
(10
menit)
|
1)
Guru mengucapkan salam.
2)
Peserta didik diajak berdo’a. (religious)
3)
Guru mengecek kehadiran peserta didik.
4)
Guru mengajak bersyukur. (religius)
5)
Guru mengajak senam ringan.
6)
Guru mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari, yakni tentang Energi;
7)
Guru menjelaskan komptensi
dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai;
8)
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
9)
Guru menjelaskan proses penilaian yang akan dilakukan.
|
|
Inti
(60
menit)
|
Tahap
1
Orientasi
|
10) Peserta didik dikelompokkan menjadi kelompok kecil
dengan jumlah anggota 5 orang tiap kelompok.
11) Guru menyajikan video tentang pemanfaatan energi oleh
manusia, peserta didik
diminta mengamatinya.
|
Tahap 2
Merumuskan masalah
|
12) Peserta didik
diminta merumusan pertanyaan/ masalah (
rasa ingin
tahu) berdasarkan hasil pengamatannya terhadap video.
13) Guru dan peserta didik menyepakati rumusan masalah
yang akan dibahas.
|
|
Tahap
3
Merumuskan
hipotesis
|
14) Peserta didik
diminta membaca informasi ( gemar membaca) mengenai energi
potensial pegas pada buku paket, sebelum membaca siswa
memprediksi energin potensial pegas.
15) Mencari kata kunci
dari apa yang dibaca.
16) Secara berkelompok peserta didik diminta merumuskan hipotesis atas rumusan
masalah yang telah dibuat.
|
|
Tahap
4
Mengumpulkan
data
|
17) Secara berkelompok peserta didik diminta merancang
cara pengumpulan data.
18) Secara berkelompok peserta didik mengumpulkan data ( jujur)
dengan melakukan percobaan “Apa yang Menentukan Besarnya Energi Potensial pegas”?
19) Secara berkelompok peserta didik diminta melakukan analisis terhadap data
yang telah diperoleh.
|
|
Tahap
5
Menguji
hipotesis
|
20) Secara berkelompok peserta didik membandingkan hasil analisis dengan
hipotesis yang telah dirumuskan.
|
|
Tahap
6
Merumuskan
kesimpulan
|
21) Secara berkelompok pesert didik merumuskan kesimpulan.
22) Secara berkelompok peserta didik mempresentasikan
hasil kerjanya di depan kelas.
|
|
Penutup
(10 menit)
|
23) Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan atas
hasil belajar yang telah dilakukan.
24) Peserta didik diminta menuliskan refleksi proses
pembelajaran di lembaran kertas yang telah disediakan.
25) Guru menyampaikan tugas membawa bahan untuk kegiatan
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
26) Guru menyampaikan salam.
|
2.
Pertemuan Kedua
….
Dst…
I.
Penilaian
1.
Teknik
penilaian:
Ranah
|
Teknik
|
Bentuk
instrumen
|
Sikap
spiritual
|
Observasi
|
Jurnal
|
Sikap
social
|
Observasi
|
Jurnal
|
Pengetahuan
|
Tes
tulis
|
Tes
uraian
|
Keterampilan
|
Unjuk
kerja
|
Rubrik
unjuk kerja
|
a.
Instrumen
Penilaian
1)
Jurnal
Jurnal
Sikap Spiritual dan Sosial
Nama
sekolah : SMP Negeri Mana
Gitu
Kelas/
Semester : VII-1/Ganjil
Tahun
pelajaran : 2016/2017
No
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Peristiwa
|
Butir sikap
|
TTD
|
Tindak Lanjut
|
2) Tes uraian
a) Kisi-kisi
No
|
KD
|
Materi
|
Indikator soal
|
Bentuk soal
|
Jumlah soal
|
1
|
3.5.
Memahami konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis.
|
Konsep
energi dan sumber energi
|
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian dari:
a. Energi potensial
b. Enegi kinetik
c.
Energi
kimia
|
Uraian
|
1
|
Disajika
beberapa macam contoh sumber energi, peserta didik dapat mengelompokkan
sumber energi tersebut menjadi sumber energi terbarukan dan tak terbarukan.
|
Uraian
|
1
|
|||
Peserta didik dapat membuat usulan
kegiatan menghemat energi.
|
Uraian
|
1
|
b)
Naskah soal
(1)
Jelaskan
pengertian dari:
(a)
Energi potensial
(b)
Enegi kinetik
(c)
Energi kimia
(2)
Energi dapat
diperoleh dari berbagai sumber seperti tempurung kelapa, batu bara, arus air
laut, angin, nuklir, kayu, dan minyak bumi. Kelompokkanlah sumber-sumber energi
tersebut ke dalam sumber energi terbarukan dan tak terbarukan!
(3)
Buatlah 3 usulan
kegiatan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat menghemat energi!
3)
Kunci jawaban
No
|
Kunci jawaban
|
Skor maksimal
|
1)
|
a.
Energi
potensial adalah energi yang dimiliki oleh suatu materi karena lokasi
atau tempatnya.
b.
Enegi kinetik
adalah bentuk energi ketika suatu materi berpindah atau bergerak
c.
Energi kimia
adalah energi yang terkandung dalam suatu zat
|
2
2
2
|
2)
|
Jumlah skor maksimal
|
6
|
3)
|
a.
Kelompok sumber
energi terbarukan: tempurung kelapa, arus air laut, angin, kayu
b.
Kelompok sumber
energi tak terbarukan:, batu bara, , nuklir, , dan minyak bumi.
|
4
3
|
4)
|
Jumlah skor maksimal
|
7
|
5)
3
|
Usulan
kegiatan menghemat energi:
a.
Mengganti
sumber energi tak terbarukan dengan sumber energi terbarukan.
b.
Tidak
mengeksplor secara besar-besaran sumber energi tak terbarukan.
c.
Menggunakan
sumber energi seperlunya saja/ tidak berlebihan.
|
1
1
1
|
Jumlah skor
maksimal
|
3
|
|
Total skor
|
16
|
Nilai =
x 100
b.
Unjuk kerja
Instrumen
Penilaian Unjuk Kerja
Mata pelajaran : IPA
Kelas/Semester :
VII-1/ Ganjil
Nama kegiatan/percobaan :
Energi potensial
Tanggal penilaian :
15 April 2017
Tugas :
Melaksanakan LK tentang faktor yang
mempengaruhi energi potensial
pegas.
RUBRIK:
Aspek
1: PERSIAPAN:
Skor 1 jika
alat dan bahan yang dibawa <25%
Skor 2 jika
alat dan bahan yang dibawa 25% - 50%
Skor 3 jika
alat dan bahan yang dibawa >50% - 75
Skor 4 jika
alat dan bahan yang dibawa >75 % - 100%
Aspek
2: PROSEDUR:
Skor 1 jika
<25% sesuai prosedur
Skor 2 jika
25% - 50% sesuai prosedur
Skor 3 jika
>50% - 75 sesuai prosedur
Skor 4 jika
>75 % - 100% sesuai prosedur
Aspek
3: DATA:
Skor 1 jika
<25% data tercatat
Skor 2 jika
25% - 50% data tercatat
Skor 3 jika
>50% - 75 data tercatat
Skor 4 jika
>75 % - 100% data tercatat
Aspek
4: ANALISA DATA:
Skor 1 jika
<25% sesuai data
Skor 2 jika
25% - 50% sesuai data
Skor 3 jika
>50% - 75 sesuai data
Skor 4 jika
>75 % - 100% sesuai data
Aspek
5: KESIMPULAN:
Skor 1 jika
tidak sesuai hasil analisis
Skor 2 jika
kurang sesuai hasil analisis
Skor 3 jika
sesuai hasil analisis
2.
Pembelajaran
Remedial
a.
3.
Pembelajaran
Pengayaan
a.
Surabya, 12 April 2017
Mengetahui
Kepala SMP Negeri Mana Gitu,
……………………………..
NIP.
...
|
Guru Mata Pelajaran IPA,
……..………………………
NIP.
...
|
No comments:
Post a Comment