Monday, 10 September 2018

CONTOH SILABUS IPA KELAS 7


SILABUS
SATUAN PENDIDIKAN         : SMP ….
MATA PELAJARAN      : IPA
KELAS                           : VII
TAHUN PELAJARAN   : ………

KOMPETENSI INTI           :
KI-1:  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2:  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3:  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4:  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

No
Komptensi dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Pembelajaran
1
3.1. Menerap­kan konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar, serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.
1.      Menjelaskan keterampilan proses penyelidikan IPA
2.      Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
3.      Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
4.      Menjelaskan pengertian pengukuran.
5.      Menyebutkan hal yang dapat diukur(besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran).
6.      Membandingkan satuan baku dan tidak baku.
7.      Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran.
8.      Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional).
9.      Menjelaskan pengertian besaran pokok.
10.  Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya.
11.  Menjelaskan pengertian besaran turunan.
12.  Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya.

Objek Ilmu Pengetahuan Alam dan pengamatannya
·         Pengukuran
·         Besaran Pokok dan turunan
·         Satuan baku dan tak baku
·      Mengamati diri sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di sekitar untuk melihat ciri-ciri yang dapat diamati seperti tinggi badan, warna rambut, warna kulit
·      Mengukur panjang benda dengan hasil bersatuan baku dan tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam pengukuran
·      Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan, laju pertumbuhan tanaman, dan lain-lain.
·      Melakukan percobaan mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak baku untuk mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku
·      Menyajikan hasil percobaan tentang pengukuran dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
Tes tulis
Penugasan
10 x 40 menit
·     Buku guru kelas VII.
·     Buku Siswa Kelas VII semester ganjil.
·     Lingkungan sekitar.
·         Internet:

4.1.Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
1.      Menyajikan data hasil pengukuran besaran pada diri sendiri secara tertulis.
2.      Menyajikan data hasil pengukuran besaran pada makhluk hidup lain secara tertulis.
3.      Menyajikan data hasil pengukuran besaran pada benda-benda lian secara tertulis.

Menyajikan data hasil pengukuran pada besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar secara tertulis.

Produk



2
3.2.Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.


1.      Menjelaskan bendabenda di sekitar yang bersifat alamiah.
2.      Menjelaskan bendabenda di sekitar yang bersifat buatan manusia.
3.      Menjelaskan bendabenda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana.
4.      Menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar.
5.      Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.
6.      Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup.
7.      Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya.


Klasifikasi
·         Makhluk hidup dan benda tak hidup
·         Ciri-ciri makhluk hidup
·         Klasifikasi makhluk hidup
·         Pengenalan mikroskop
·      Mengamati manusia, tumbuhan, hewan, dan benda di lingkungan sekitar, gejala-gejala kehidupan yang menunjukkan ciri-ciri mahluk hidup serta pengelompok-kannya dengan indera dan dengan bantuan mikroskop
·      Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar
·      Mengumpulkan informasi mengenai klasifikasi mahluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae, dan animalia
·      Menyajikan hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman

Tes tulis
Penugasan
18 JP
·     Buku guru kelas VII.
·     Buku Siswa Kelas VII semester ganjil.
·     Lingkungan sekitar.
·     Internet:


4.2.Menyajikan hasil pengklasifi­kasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan stik yang diamati.

1.      Menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.
2.      Melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.
3.      Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.




Unjuk kerja.
Produk pengamatan.




3.3.Memahami konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari

1.      Menggolongkan karakteristik materi.
2.      Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.
3.      Menjelaskan metode pemisahan campuran.
4.      Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia.
5.      Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia .

Zat dan Karakteristiknya
·         Zat Padat, Cair, dan Gas
·       Unsur, Senyawa, dan Campuran
·       Sifat fisika dan kimia
·       Perubahan fisika dan kimia
·      Mengamati berbagai benda dalam kehidupan sehari-hari yang mengalami perubahan, misalnya air menjadi es, es menjadi air, air menjadi uap, kertas dibakar menjadi abu, besi berkarat, makanan menjadi basi, dll
·      Melakukan penyelidikan karakteristik zat (padat, cair, dan gas) serta mengumpulkan informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran
·      Melakukan penyelidikan asam, basa, dan garam menggunakan indikator buatan dan alami
·      Melakukan percobaan teknik pemisahan campuran, misalnya melalui penyulingan, kromatografi, atau penyubliman
·      Menyajikan hasil penyelidikan sifat fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari  danmendiskusi- kannya dengan teman

Tes tulis
Penugasan
17 JP
·     Buku guru kelas VII.
·     Buku Siswa Kelas VII semester ganjil.
·     Lingkungan sekitar.
·     Internet:


4.3. Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran

1.      Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat larutan.
2.      Menyajikan hasil penyelidikan tentang perubahan fisika dan perubahan kimia.
3.      Menyajikan hasil penyelidikan tentang pemisahan campuran.



Produk hasil penyelidikan.




3.4.Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan


1.      Menjelaskan definisi suhu.
2.       Menjelaskan berbagai jenis termometer.
3.      Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhudengan menggunakan thermometer.
4.      Menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometerberskala.
5.      Menjelaskan definisi pemuaian.

Suhu dan Kalor
·    Suhu
·    Alat pengukur suhu
·    Pemuaian
·    Kalor
·    Perpindahan kalor
·    Kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari

·      Mengamati peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perubahan wujud benda setelah menerima atau melepas kalor
·      Melakukan percobaan mengukur suhu benda menggunakan thermometer serta menyelidiki pemuaian pada benda padat, cair, dan gas
·      Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
·      Mengumpulkan informasi mengenai berbagai upaya menjaga kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
·      Menyajikan hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman

Tes tulis
Penugasan
18 jp
·     Buku guru kelas VII.
·     Buku Siswa Kelas VII semester ganjil.
·     Lingkungan sekitar.
·     Internet:


4.4. Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor

1.      Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor.
2.      Menyajikan hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman.




1.      Unjuk kerja.
2.      Produk percobaan.



3.5 Memahami konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis


1.      Mengetahui pengertian suhu dan termometer serta jenis termometer.
2.      Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan termometer skalanya, serta membandingkannya secara pengukuran dengan termometer skala suhu yang telah dikenal.
3.      Menjelaskan pengertian kalor.
4.      Mendeskripsikan hubungan kalor dengan suhu dan hubungan kalor dengan perubahan wujud.
5.      Menentukan macammacam perpindahan kalor.
6.      Menjelaskan 3 konsep energi dan sumbersumber energi.
7.      Menjelaskan perubahan energi yang terjadi di alam dan dalam tubuh.
8.      Menjelaskan konsep fotosintesis.


Energi
·      Bentuk-bentuk energi
·      Sumber energi
·      Perubahan bentuk energi
·      Transformasi energi dalam sel
·      Fotosintesis
·      Respirasi
·      Mengamati berbagai aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan penggunaan energi dan krisis energi
·      Meyelidiki sumber energi dan perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui percobaan
·      Mengumpulkan informasi mengenai perpindahan energi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan  mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan
·      Menyajikan hasil percobaan perubahan bentuk energi dan percobaan fotosintesis dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman

Tes tulis
Penugasan
17 JP
·     Buku guru kelas VII.
·     Buku Siswa Kelas VII semester ganjil.
·     Lingkungan sekitar.
·     Internet:


4.5.Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis

1.      Menyajikan hasil percobaan perubahan bentuk energi.
2.      Menyajikan hasil percobaan fotosintesis
3.      Menyajikan hasil percobaan respirasi dalam bentuk laporan tertulis.



·    Unjuk kerja.
·    Produk percobaan.




3.6.Memahami sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism  dan komposisi utama penyusun sel


1.      Menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan.
2.       Menjelaskan tentang sistem.
3.      Melakukan pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop.
4.      Melakukan pengamatan jaringan dengan menggunakan mikroskop
5.      Menjelaskan pengertian organ.
6.      Membedakan antara jaringan, organ, dan sistem organ.
7.      Menjelaskan konsep sistem organ dan organisme.
8.      Menyebutkan 3 contoh sistem organ yang menyusun organisme.
9.      Memiliki keterampilan berbicara di depan kelas melalui kegiatan presentasi hasil projek sel.


Sistem Organisasi Kehidupan
·        Sel
·        Jaringan
·        Organ
·        Sistem organ
·        Organisme

·      Mengamati torso manusia atau organ tubuh bagian dalam dari ikan/katak/ burung/kadal
·      Mengindetifikasi perbedaan antara sel, jaringan, organ, dan sistem organ pada hewan dan tumbuhan melalui pengamatan mikroskopik dan makroskopik
·      Membuat model struktur sel hewan atau tumbuhan menggunakan bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar dan mendiskusikan hasilnya

Tes tulis
Penugasan
12 JP
·     Buku guru kelas VII.
·     Buku Siswa Kelas VII semester ganjil.
·     Lingkungan sekitar.
·     Internet:


4.6  Membuat model struktur sel tumbuhan/ hewan

1.      Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil.
2.      Membuat model struktur sel hewan atau tumbuhan menggunakan bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar dan mendiskusikan hasilnya.



·    Produk percobaan.




3.7.Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut


1.      Menjelaskan konsep lingkungan dan komponenkomponennya.
2.      Menjelaskan pengertian interaksi.
3.      Menjabarkan pola-pola interaksi.
4.      Menjelaskan konsep bentuk saling ketergantungan
makhluk hidup.
5.      Menyebutkan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan, rantai makanan de tritus dengan rantai makanan perumput.


Makhluk Hidup dan Lingkungan
·      Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
·      Dinamika populasi

·      Mengamati ekosistem buatan berupa akuarium atau kolam ikan, difokuskan pada komponen biotik dan abiotik serta interaksi yang terjadi di dalamnya
·      Melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi komponen abiotik dan biotik yang ada pada lingkungan sekitar serta interaksi yang terjadi didalamnya dalam bentuk rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan simbiosis
·      Melakukan percobaan pertumbuhan populasi terhadap ketersediaan ruang dan lahan pertanian serta dampaknya bagi lingkungan
·      Membuat laporan hasil percobaan interaksi antara komponen biotik dan abiotik serta dampak dinamika populasi dan mendiskusi-kannya dengan teman.

Tes tulis
Penugasan
13 JP
·     Buku guru kelas VII.
·     Buku Siswa Kelas VII semester ganjil.
·     Lingkungan sekitar.
·     Internet:


4.7. Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.

1.      Melakukan pengamatan lingkungan dan mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik.
2.      Menyajikan hasil pengamatan terhadap lingkungan secaral isan.




·    Unjuk kerja.
·    Produk percobaan.




3.8.Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem

1.      Menjelaskan pengertian Pencemaran Lingkunagan.
2.      Menjelaskan macammacam Pencemaran Lingkungan.
3.      Menjelaskan pengertian pencemaran air.
4.      Menyelidiki pengaruh air jernih dari tercemar terhadap kondisi (pergerakan) ikan).
5.      Menjelaskan pengertian pencemaran udara.
6.      Menyebutkan faktor-faktor penyebab pencemaran udara.
7.      Menjelaskan dampak pencemaran udara.
8.      Menjelaskan pengertian pencemaran tanah.
9.      Menjelaskan dampak pencemaran tanah.


Pencemaran Lingkungan
·    Pencemaran udara
·    Pencemaran air
·    Pencemaran tanah
·    Dampak pencemaran bagi ekosistem

·      Mengamati berbagai pencemaran dilingkungan sekitar
·      Mengumpulkan informasi serta menganalisis penyebab dan dampak pencemaran udara, air, dan tanah bagi ekosistem, merumuskan masalah  serta mengajukan penyelesaian masalahnya
·      Membuat laporan tentang penyelesaian masalah pencemaran yang terjadi di lingkungan sekitar

Tes tulis
Penugasan
12 JP
·     Buku guru kelas VII.
·     Buku Siswa Kelas VII semester ganjil.
·     Lingkungan sekitar.
·     Internet:


4.8. Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian  masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan.

1.      Membuat gagasan tertulis tentang bagaimana mengatasi dan mengurangi pencemaran air.
2.      Membuat gagasan tertulis tentang bagaimana mengurangi dampak pencemaran tanaH.



·    Produk percobaan.




3.9.Memahami perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem


1.      Menjelaskan pengertian efek rumah kaca.
2.      Menjelaskan proses terjadinya pemanasan global.
3.      Mendeskripsikan definisi pemanasan global.
4.      Mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global.
5.      Mendeskripsikan dampak dari pemanasan global bagi kehidupan di bumi.
6.      Mendeskripsikan beberapa upaya menanggulangi pemanasan global.

Perubahan Iklim
·      Penyebab terjadinya perubahan iklim
·      Dampak perubahan iklimbagi ekosistem
·      Mengamati tayangan tentang dampak perubahan iklim
·      Mengumpulkan informasi mengenai proses dan dampak terjadinya perubahan iklim bagi ekosistem
·      Mengajukan gagasan tentang penanggulangan masalah perubahan iklim dalam bentuk laporan tertulis, dan mempresentasikan gagasannya untuk ditanggapi temannya
Tes tulis
Penugasan
13 JP
·     Buku guru kelas VII.
·     Buku Siswa Kelas VII semester ganjil.
·     Lingkungan sekitar.
·     Internet:


4.9 Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/ penanggulangan masalah perubahan iklim

1.      Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/ penanggulangan masalah perubahan iklim



·    Produk percobaan.




3.10.Memahami lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya


1.      Menjelaskan karakteristik lapisan penyusun bumi.
2.      Menjelaskan karakteristik atmosfer.
3.      Menjelaskan karakteristik litosfer.
4.      Menjelaskan karakteristik gempa bumi serta pengurangan risiko bencanannya.
5.      Menjelaskan karakteristik gunung api serta pengurangan risiko bencanannya.
6.      Menjelaskan karakteristik hidrosfer serta pengurangan risiko bencanannya.


Lapisan Bumi dan Bencana
·  Lapisan bumi
·  Gunung api
·  Gempa bumi dan tsunami
·  Tindakan tanggap bencana

·      Mengamati tayangan atau model lapisan bumi
·      Mengumpulkan informasi mengenai lapisan bumi dan mekanisme terjadinya letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami
·      Menyajikan hasil studi literatur tentang penanggulangan resiko dan dampak bencana alam dalam bentuk presentasi
·      Berlatih tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana alam
Tes tulis
Penugasan
15 JP
·     Buku guru kelas VII.
·     Buku Siswa Kelas VII semester ganjil.
·     Lingkungan sekitar.
·     Internet:


4.10 Mengomuni-kasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya

1.      Mengomuni-kasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya secara tertulis.



Unjuk kerja



3.11 Memahami sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi dan bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di  bumi


1.      Mendeskripsikan karakteristik komponen Tata Surya.
2.      Mendeskripsikan gerak planet pada orbit tata surya.
3.      Mengamati berbagai fase Bulan.
4.      Mendeskripsikan gerak rotasi dan revolusi Bumi.
5.      Mendeskripsikan gerak rotasi dan revolusi Bumi.
6.      Mendeskripsikan rotasi, revolusi Bumi serta peristiwa yang diakibatkannya.

Tata Surya
·     Sistem tata surya
·     Karakteristik anggota tata surya
·     Matahari sebagai bintang
·     Dampak rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan di bumi
·     Gerhana bulan dan matahari
·     Terjadinya pasang surut

·      Mengamati model sistem tata surya
·      Mendiskusikan orbit planet
·      Mengidentifikasi karakteristik anggota tata surya serta dampak rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan
·      Mensimulasikan terjadinya siang dan malam, fase-fase bulan dan proses terjadinya gerhana
·      Mengumpulkan informasi mengenai gerhana bulan dan matahari serta pengaruhnya terhadap pasang surut air laut
·      Membuat laporan tertulis tentang dampak rotasi dan revolusi bumi serta bulan bagi kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman
Tes tulis
Penugasan
15 JP
·     Buku guru kelas VII.
·     Buku Siswa Kelas VII semester ganjil.
·     Lingkungan sekitar.
·     Internet:


4.11 Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi

1.      Membuat model orbit planet.
2.      Mencari informasi tentang planet-planet penyusun tata surya.
3.      Mencari informasi tentang perubahan musim yang terjadi di Bumi bagian utara (BBU) dan Bumi bagian selatan (BBS).
4.      Membuat model perbandingan jarak komponen tata surya.




Produk




…………….., 17 Juli 2016
Mengetahui:
Kepala SMP ……………….,



………………………..
NIP ……………………………….

Guru IPA,




……………………………………..
NIP …………………………………….


No comments:

Post a Comment