SILABUS
SATUAN PENDIDIKAN : SMP ….
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS :
VII
TAHUN PELAJARAN : 2016/2017
KOMPETENSI
INTI :
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2: Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3: Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI-4: Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
No
|
Komptensi
dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Pembelajaran
|
1
|
3.1. Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran yang ada
pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar, serta
pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.
|
1.
Menjelaskan
keterampilan proses penyelidikan IPA
2.
Menjelaskan
kegunaan mempelajari IPA.
3.
Menyebutkan objek
yang dipelajari dalam IPA.
4.
Menjelaskan
pengertian pengukuran.
5.
Menyebutkan hal
yang dapat diukur(besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran).
6.
Membandingkan
satuan baku dan tidak baku.
7.
Memahami kegunaan
satuan baku dalam pengukuran.
8.
Mengkonversi
satuan dalam SI (Sistem Internasional).
9.
Menjelaskan
pengertian besaran pokok.
10. Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya.
11. Menjelaskan pengertian besaran turunan.
12. Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya.
|
Objek Ilmu
Pengetahuan Alam
dan pengamatannya
·
Pengukuran
·
Besaran Pokok dan turunan
·
Satuan baku dan
tak baku
|
· Mengamati diri
sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di sekitar untuk melihat
ciri-ciri yang dapat diamati seperti tinggi badan, warna rambut, warna kulit
· Mengukur
panjang benda dengan hasil bersatuan baku dan tak baku,untuk menemukan
pentingnya satuan baku dalam pengukuran
· Mengumpulkan
informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari,
misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi
denyut nadi, konsentrasi larutan, laju pertumbuhan tanaman, dan
lain-lain.
· Melakukan percobaan
mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku
dan tak baku untuk mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku
· Menyajikan hasil
percobaan tentang pengukuran dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis
dan mendiskusikannya dengan teman
|
Tes tulis
Penugasan
|
10 x 40 menit
|
· Buku
guru kelas VII.
· Buku
Siswa Kelas VII semester ganjil.
· Lingkungan
sekitar.
·
Internet:
|
|
4.1.Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang
sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar
dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
|
1. Menyajikan
data hasil pengukuran besaran pada diri sendiri secara tertulis.
2. Menyajikan
data hasil pengukuran besaran pada makhluk hidup lain secara tertulis.
3. Menyajikan
data hasil pengukuran besaran pada benda-benda lian secara tertulis.
|
|
Menyajikan data hasil
pengukuran pada besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan
benda-benda di sekitar secara tertulis.
|
Produk
|
|
|
2
|
3.2.Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan
karakteristik yang diamati.
|
1. Menjelaskan bendabenda di sekitar yang bersifat alamiah.
2. Menjelaskan bendabenda di sekitar yang bersifat buatan
manusia.
3. Menjelaskan bendabenda yang bersifat kompleks dan bersifat
sederhana.
4. Menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar.
5. Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.
6. Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup.
7. Menjelaskan ciri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya.
|
Klasifikasi
·
Makhluk
hidup dan benda tak hidup
·
Ciri-ciri
makhluk hidup
·
Klasifikasi
makhluk hidup
·
Pengenalan
mikroskop
|
· Mengamati
manusia, tumbuhan, hewan, dan benda di lingkungan sekitar, gejala-gejala
kehidupan yang menunjukkan ciri-ciri mahluk hidup serta pengelompok-kannya
dengan indera dan dengan bantuan mikroskop
· Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar
· Mengumpulkan
informasi mengenai klasifikasi mahluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang
diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae, dan
animalia
· Menyajikan
hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan
mendiskusikan-nya dengan teman
|
Tes tulis
Penugasan
|
18 JP
|
· Buku
guru kelas VII.
· Buku
Siswa Kelas VII semester ganjil.
· Lingkungan
sekitar.
· Internet:
|
|
4.2.Menyajikan
hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan
benda di lingkungan sekitar berdasarkan stik yang diamati.
|
1. Menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan
mengomunikasikan hasil observasinya.
2. Melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak
hidup.
3. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
|
|
|
Unjuk kerja.
Produk pengamatan.
|
|
|
|
3.3.Memahami
konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia,
perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
|
1. Menggolongkan karakteristik materi.
2. Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.
3. Menjelaskan metode pemisahan campuran.
4. Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia.
5. Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia .
|
Zat
dan Karakteristiknya
·
Zat
Padat, Cair, dan Gas
·
Unsur,
Senyawa, dan Campuran
·
Sifat
fisika dan kimia
·
Perubahan
fisika dan kimia
|
· Mengamati berbagai
benda dalam kehidupan sehari-hari yang mengalami perubahan, misalnya air
menjadi es, es menjadi air, air menjadi uap, kertas dibakar menjadi abu, besi
berkarat, makanan menjadi basi, dll
· Melakukan
penyelidikan karakteristik zat (padat, cair, dan gas) serta mengumpulkan
informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran
· Melakukan
penyelidikan asam, basa, dan garam menggunakan indikator buatan dan alami
· Melakukan
percobaan teknik pemisahan campuran, misalnya melalui penyulingan,
kromatografi, atau penyubliman
· Menyajikan
hasil penyelidikan sifat fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari danmendiskusi- kannya dengan teman
|
Tes tulis
Penugasan
|
17 JP
|
· Buku
guru kelas VII.
· Buku
Siswa Kelas VII semester ganjil.
· Lingkungan
sekitar.
· Internet:
|
|
4.3.
Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan
fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran
|
1. Menyajikan
hasil penyelidikan tentang sifat larutan.
2. Menyajikan
hasil penyelidikan tentang perubahan fisika dan
perubahan kimia.
3. Menyajikan
hasil penyelidikan tentang pemisahan campuran.
|
|
|
Produk hasil penyelidikan.
|
|
|
|
3.4.Memahami
konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan
hewan
|
1.
Menjelaskan
definisi suhu.
2. Menjelaskan berbagai
jenis termometer.
3. Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhudengan
menggunakan thermometer.
4. Menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan
dengan temometerberskala.
5. Menjelaskan definisi pemuaian.
|
Suhu
dan Kalor
· Suhu
· Alat pengukur suhu
· Pemuaian
· Kalor
· Perpindahan kalor
· Kestabilan suhu
tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
|
· Mengamati
peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perubahan wujud
benda setelah menerima atau melepas kalor
· Melakukan
percobaan mengukur suhu benda menggunakan thermometer serta menyelidiki
pemuaian pada benda padat, cair, dan gas
· Melakukan
percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud
benda serta perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
· Mengumpulkan
informasi mengenai berbagai upaya menjaga kestabilan suhu tubuh makhluk hidup
dalam kehidupan sehari-hari
· Menyajikan
hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan
teman
|
Tes tulis
Penugasan
|
18 jp
|
· Buku
guru kelas VII.
· Buku
Siswa Kelas VII semester ganjil.
· Lingkungan
sekitar.
· Internet:
|
|
4.4.
Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud
benda serta perpindahan kalor
|
1.
Melakukan
percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda
serta perpindahan kalor.
2.
Menyajikan hasil percobaan dalam bentuk laporan
tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman.
|
|
|
1. Unjuk
kerja.
2. Produk
percobaan.
|
|
|
|
3.5
Memahami konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
|
1. Mengetahui pengertian suhu dan termometer serta jenis
termometer.
2. Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan
termometer skalanya, serta membandingkannya secara pengukuran dengan
termometer skala suhu yang telah dikenal.
3. Menjelaskan pengertian kalor.
4. Mendeskripsikan hubungan kalor dengan suhu dan hubungan kalor
dengan perubahan wujud.
5. Menentukan macammacam perpindahan kalor.
6. Menjelaskan 3 konsep energi dan sumbersumber energi.
7. Menjelaskan perubahan energi yang terjadi di alam dan dalam
tubuh.
8. Menjelaskan konsep fotosintesis.
|
Energi
· Bentuk-bentuk energi
· Sumber energi
· Perubahan bentuk
energi
· Transformasi energi
dalam sel
· Fotosintesis
· Respirasi
|
· Mengamati
berbagai aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan
penggunaan energi dan krisis energi
· Meyelidiki
sumber energi dan perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik
melalui percobaan
· Mengumpulkan
informasi mengenai perpindahan energi dalam sel serta melakukan percobaan
fotosintesis dan mengukur laju
respirasi hewan hubungannya dengan berat badan
· Menyajikan
hasil percobaan perubahan bentuk energi dan percobaan fotosintesis dan
respirasi dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
|
Tes tulis
Penugasan
|
17 JP
|
· Buku
guru kelas VII.
· Buku
Siswa Kelas VII semester ganjil.
· Lingkungan
sekitar.
· Internet:
|
|
4.5.Menyajikan
hasil percobaan tentang
perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis
|
1.
Menyajikan hasil percobaan perubahan bentuk energi.
2.
Menyajikan hasil percobaan fotosintesis
3.
Menyajikan hasil percobaan respirasi dalam bentuk
laporan tertulis.
|
|
|
· Unjuk
kerja.
· Produk
percobaan.
|
|
|
|
3.6.Memahami
sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun sel
|
1. Menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan.
2. Menjelaskan tentang
sistem.
3. Melakukan pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop.
4. Melakukan pengamatan jaringan dengan menggunakan mikroskop
5. Menjelaskan pengertian organ.
6. Membedakan antara jaringan, organ, dan sistem organ.
7. Menjelaskan konsep sistem organ dan organisme.
8. Menyebutkan 3 contoh sistem organ yang menyusun organisme.
9. Memiliki keterampilan berbicara di depan kelas melalui
kegiatan presentasi hasil projek sel.
|
Sistem
Organisasi Kehidupan
·
Sel
·
Jaringan
·
Organ
·
Sistem
organ
·
Organisme
|
· Mengamati
torso manusia atau organ tubuh bagian dalam dari ikan/katak/ burung/kadal
· Mengindetifikasi
perbedaan antara sel, jaringan, organ, dan sistem organ pada hewan dan
tumbuhan melalui pengamatan mikroskopik dan makroskopik
· Membuat
model struktur sel hewan atau tumbuhan menggunakan bahan yang mudah didapat
di lingkungan sekitar dan mendiskusikan hasilnya
|
Tes tulis
Penugasan
|
12 JP
|
· Buku
guru kelas VII.
· Buku
Siswa Kelas VII semester ganjil.
· Lingkungan
sekitar.
· Internet:
|
|
4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/ hewan
|
1. Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan
hasil.
2. Membuat model struktur sel hewan atau tumbuhan
menggunakan bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar dan mendiskusikan
hasilnya.
|
|
|
· Produk
percobaan.
|
|
|
|
3.7.Menganalisis interaksi antara
makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi
tersebut
|
1. Menjelaskan konsep lingkungan dan komponenkomponennya.
2. Menjelaskan pengertian interaksi.
3. Menjabarkan pola-pola interaksi.
4. Menjelaskan konsep bentuk saling ketergantungan
makhluk hidup.
5. Menyebutkan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring
makanan, rantai makanan de tritus dengan rantai makanan perumput.
|
Makhluk
Hidup dan Lingkungan
· Interaksi antara
makhluk hidup dan lingkungan
· Dinamika populasi
|
· Mengamati
ekosistem buatan berupa akuarium atau kolam ikan, difokuskan pada komponen
biotik dan abiotik serta interaksi yang terjadi di dalamnya
· Melakukan penyelidikan
untuk mengidentifikasi komponen abiotik dan biotik yang ada pada lingkungan
sekitar serta interaksi yang terjadi didalamnya dalam bentuk rantai makanan,
jaring-jaring makanan, dan simbiosis
· Melakukan
percobaan pertumbuhan populasi terhadap ketersediaan ruang dan lahan
pertanian serta dampaknya bagi lingkungan
· Membuat
laporan hasil percobaan interaksi antara komponen biotik dan abiotik serta
dampak dinamika populasi dan mendiskusi-kannya dengan teman.
|
Tes tulis
Penugasan
|
13 JP
|
· Buku
guru kelas VII.
· Buku
Siswa Kelas VII semester ganjil.
· Lingkungan
sekitar.
· Internet:
|
|
4.7.
Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan
lingkungan sekitarnya.
|
1. Melakukan pengamatan lingkungan dan mengidentifikasi komponen biotik
dan abiotik.
2. Menyajikan hasil pengamatan terhadap lingkungan secaral isan.
|
|
|
· Unjuk
kerja.
· Produk
percobaan.
|
|
|
|
3.8.Menganalisis
terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem
|
1.
Menjelaskan
pengertian Pencemaran Lingkunagan.
2.
Menjelaskan
macammacam Pencemaran Lingkungan.
3.
Menjelaskan
pengertian pencemaran air.
4.
Menyelidiki
pengaruh air jernih dari tercemar terhadap kondisi (pergerakan) ikan).
5.
Menjelaskan
pengertian pencemaran udara.
6.
Menyebutkan
faktor-faktor penyebab pencemaran udara.
7.
Menjelaskan dampak
pencemaran udara.
8.
Menjelaskan
pengertian pencemaran tanah.
9.
Menjelaskan
dampak pencemaran tanah.
|
Pencemaran
Lingkungan
·
Pencemaran
udara
·
Pencemaran
air
·
Pencemaran
tanah
·
Dampak
pencemaran bagi ekosistem
|
· Mengamati
berbagai pencemaran dilingkungan sekitar
· Mengumpulkan
informasi serta menganalisis penyebab dan dampak pencemaran udara, air, dan
tanah bagi ekosistem, merumuskan masalah
serta mengajukan penyelesaian masalahnya
· Membuat
laporan tentang penyelesaian masalah pencemaran yang terjadi di lingkungan
sekitar
|
Tes tulis
Penugasan
|
12 JP
|
· Buku
guru kelas VII.
· Buku
Siswa Kelas VII semester ganjil.
· Lingkungan
sekitar.
· Internet:
|
|
4.8. Membuat tulisan
tentang gagasan penyelesaian masalah
pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan.
|
1.
Membuat gagasan tertulis
tentang bagaimana mengatasi dan mengurangi pencemaran air.
2.
Membuat gagasan tertulis
tentang bagaimana mengurangi dampak pencemaran tanaH.
|
|
|
· Produk
percobaan.
|
|
|
|
3.9.Memahami
perubahan iklim
dan dampaknya bagi ekosistem
|
1. Menjelaskan pengertian efek rumah kaca.
2. Menjelaskan proses terjadinya pemanasan global.
3. Mendeskripsikan definisi pemanasan global.
4. Mendeskripsikan penyebab terjadinya pemanasan global.
5. Mendeskripsikan dampak dari pemanasan global bagi kehidupan di
bumi.
6. Mendeskripsikan beberapa upaya menanggulangi pemanasan global.
|
Perubahan
Iklim
· Penyebab terjadinya
perubahan iklim
· Dampak perubahan
iklimbagi ekosistem
|
· Mengamati
tayangan tentang dampak perubahan iklim
· Mengumpulkan
informasi mengenai proses dan dampak terjadinya perubahan iklim bagi
ekosistem
· Mengajukan
gagasan tentang penanggulangan masalah perubahan iklim dalam bentuk laporan
tertulis, dan mempresentasikan gagasannya untuk ditanggapi temannya
|
Tes tulis
Penugasan
|
13 JP
|
· Buku
guru kelas VII.
· Buku
Siswa Kelas VII semester ganjil.
· Lingkungan
sekitar.
· Internet:
|
|
4.9
Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/ penanggulangan masalah perubahan
iklim
|
1.
Membuat
tulisan tentang gagasan adaptasi/ penanggulangan masalah perubahan iklim
|
|
|
· Produk
percobaan.
|
|
|
|
3.10.Memahami
lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko
sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya
|
1.
Menjelaskan karakteristik
lapisan penyusun bumi.
2. Menjelaskan karakteristik atmosfer.
3. Menjelaskan karakteristik litosfer.
4. Menjelaskan karakteristik gempa bumi serta pengurangan risiko bencanannya.
5. Menjelaskan karakteristik gunung api serta pengurangan risiko
bencanannya.
6. Menjelaskan karakteristik hidrosfer serta pengurangan risiko
bencanannya.
|
Lapisan
Bumi dan Bencana
· Lapisan bumi
· Gunung api
· Gempa bumi dan
tsunami
· Tindakan tanggap
bencana
|
· Mengamati
tayangan atau model lapisan bumi
· Mengumpulkan
informasi mengenai lapisan bumi dan mekanisme terjadinya letusan gunung
berapi, gempa bumi, dan tsunami
· Menyajikan
hasil studi literatur tentang penanggulangan resiko dan dampak bencana alam
dalam bentuk presentasi
· Berlatih
tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana alam
|
Tes tulis
Penugasan
|
15 JP
|
· Buku
guru kelas VII.
· Buku
Siswa Kelas VII semester ganjil.
· Lingkungan
sekitar.
· Internet:
|
|
4.10
Mengomuni-kasikan upaya
pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri
pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya
|
1. Mengomuni-kasikan upaya pengurangan
resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat
terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya secara
tertulis.
|
|
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
3.11
Memahami sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi dan bulan, serta
dampaknya bagi kehidupan di bumi
|
1. Mendeskripsikan karakteristik komponen Tata Surya.
2. Mendeskripsikan gerak planet pada orbit tata surya.
3. Mengamati berbagai fase Bulan.
4. Mendeskripsikan gerak rotasi dan revolusi Bumi.
5. Mendeskripsikan gerak rotasi dan revolusi Bumi.
6. Mendeskripsikan rotasi, revolusi Bumi serta peristiwa yang diakibatkannya.
|
Tata
Surya
· Sistem tata surya
· Karakteristik
anggota tata surya
· Matahari sebagai
bintang
· Dampak rotasi dan
revolusi bumi bagi kehidupan di bumi
· Gerhana bulan dan
matahari
· Terjadinya pasang
surut
|
· Mengamati
model sistem tata surya
· Mendiskusikan
orbit planet
· Mengidentifikasi
karakteristik anggota tata surya serta dampak rotasi dan revolusi bumi bagi
kehidupan
· Mensimulasikan
terjadinya siang dan malam, fase-fase bulan dan proses terjadinya gerhana
· Mengumpulkan
informasi mengenai gerhana bulan dan matahari serta pengaruhnya terhadap
pasang surut air laut
· Membuat
laporan tertulis tentang dampak rotasi dan revolusi bumi serta bulan bagi
kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman
|
Tes tulis
Penugasan
|
15 JP
|
· Buku
guru kelas VII.
· Buku
Siswa Kelas VII semester ganjil.
· Lingkungan
sekitar.
· Internet:
|
|
4.11
Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi
kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi
|
1. Membuat model orbit planet.
2. Mencari informasi tentang planet-planet penyusun tata surya.
3. Mencari informasi tentang perubahan musim yang terjadi di Bumi
bagian utara (BBU) dan Bumi bagian selatan (BBS).
4. Membuat model perbandingan jarak komponen tata surya.
|
|
|
Produk
|
|
|
……………..,
17 Juli 2016
Mengetahui:
Kepala
SMP ……………….,
………………………..
NIP
……………………………….
|
Guru
IPA,
……………………………………..
NIP
…………………………………….
|
No comments:
Post a Comment