Wednesday, 25 December 2013
CONTOH RPP MODEL PEMBELAJARAN STAD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 4 Waru
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester : VIII / II
Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
Kompetensi Dasar : 2.3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
Indikator :
Menjelaskan macam-macam gerak pada tumbuhan.
Memberikan contoh macam-macam gerak pada tumbuhan.
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit ( 2 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian gerak autonom.
Peserta didik dapat memberikan contoh gerak autonom.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian gerak esionom.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian gerak nasti.
Peserta didik dapat memberikan contoh gerak nasti.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian gerak tropisme.
Peserta didik dapat memberikan contoh gerak tropisme.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian gerak taksis.
Peserta didik dapat memberikan contoh gerak taksis.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian gerak higroskopis.
Peserta didik dapat memberikan contoh gerak higroskopis.
Materi Pembelajaran
Macam Gerak pada tumbuhan:
Gerak autonom (gerak endonom/ gerak spontan)
Gerak autonom merupakan gerak tumbuhan yang tidak disebabkan oleh rangsangan dari luar.
Contoh gerak autonom:
Gerak protoplasma pada sel-sel daun tanaman lidah buaya dan umbi lapis bawang merah yang masih hidup.
Gerak melengkungnya kuncup daun karena perbedaan kecepatan tumbuh.
Gerak tumbuhan ketika tumbuh, seperti tumbuhnya akar, batang, daun, dan bunga. Pada tumbuhan yang sedang mengalami masa pertumbuhan terjadi penambahan massa dan jumlah sel. Pertumbuhan ini menimbulkan gerak autonom.
Gerak esionom
Gerak esionom adalah gerak yang dipengaruhi oleh rangsang yang berasal dari luar tubuh tumbuhan.
Macam-macam gerak esionom:
Gerak nasti
Gerak nasti adalah gerak bagian tubuh tumbuhan yang arahnya tidak ditentukan atau ditujukan ke atau dari sumber rangsang.
Macam-macam gerak nasti:
Termonasti
Termonasti adalah gerak nasti yang rangsangannya berupa suhu.
Contoh: gerak mekarnya bunga tulip karena suhu yang naik.
Fotonasti
Fotonasti adalah gerak tumbuhan yang rangsangannya berupa cahaya.
Contoh: mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) karena cahaya
Seismonasti
Seismonasti adalah gerak tumbuhan yang rangsangannya berupa sentuhan atau getaran.
Contoh: gerak menutupnya daun putri malu (Mimmosa pudica) karena disentuh atau digoyang-goyang.
Niktinasti
Gerak niktinasti (nyktos = malam) adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang dari lingkungan di malam hari.
Contoh: gerak menutupnya daun tanaman golongan kacang-kacangan (Leguminoceae) pada malam hari.
Nasti komplek
Gerak nasti kompleks adalah gerakan sebagian tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh lebih dari satu macam rangsang. Contoh gerak nasti kompleks adalah gerak membuka dan menutupnya stomata karena pengaruh cahaya matahari, zat kimia, dan air.
Gerak tropisme
Tropisme (tropos = balik) adalah gerak bagian tubuh tumbuhan menuju atau menjauhi rangsang. Tropisme yang menuju sumber rangsang merupakan gerak positif, sedangkan yang menjauhi rangsang adalah negatif.
Macam-macam gerak tropisme:
Fototropisme
Fototropisme atau heliotropisme adalah gerak tumbuhan yang terjadi akibat pengaruh arah datangnya rangsang berupa cahaya.
Contoh gerak tumbuhan membelok ke arah sumber cahaya.
Kemotropisme
Kemotropisme adalah gerak sebagian tubuh tumbuhan ke arah
sumber rangsang yang berupa bahan kimia.
Contoh: Akar tanaman yang menuju arah zat makanan atau menjauhi zat racun.
Hidrotropisme
Hidrotropisme adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh air. Peristiwa hidrotropisme, misalnya pada gerak akar tumbuhan menuju sumber air.
Contoh: Gerak ujung akar kecambah menuju tempat yang berair.
Geotropisme
Geotropisme ialah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh gaya gravitasi. Gerak ini terjadi pada akar dan batang tumbuhan. Berdasarkan arah gerak terhadap gravitasi, geotropisme dibagi menjadi dua, yaitu:
Geotropisme positif, adalah gerak yang menuju ke pusat bumi. Contoh: Gerak ujung akar kepala.
Geotropisme negatif, adalah gerak yang menjauhi gaya gravitasi bumi. Contoh: Gerak pada ujung batang tumbuhan.
Tigmotropisme
Tigmotropisme atau haptotropisme (thigma = singgungan; hapto = sentuhan) adalah gerak membeloknya bagian tubuh tumbuhan akibat adanya persinggungan (sentuhan). Tigmotropisme dapat kita amati pada tanaman kacang panjang dan mentimun. Ujung batang atau ujung sulur kacang panjang dan mentimun dapat membelit pada tempat merambatnya.
Gerak taksis
Gerak taksis adalah gerak seluruh bagian tubuh tumbuhan menuju atau menjauhi rangsang. Gerak yang menuju ke arah datangnya rangsang disebut taksis positif, sedangkan gerak yang menjauhi rangsang disebut taksis negatif.
Fototaksis adalah gerak pindah tempat seluruh bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang cahaya.
Contoh:
Euglena yang dikenai cahaya akan bergerak pindah tempat menuju ke arah datangnya cahaya.
Gerak kloroplas ke sisi sel yang memperoleh cahaya.
Gerak higroskopis
Gerak higroskopis adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata. Gerak higroskopis ini merupakan gerak bagian-bagain tanaman yang tidak hidup lagi. Contoh gerak higroskopis antara lain merekahnya kulit buah-buahan yang sudah kering pada tumbuhan polong-polongan, membukanya dinding sporangium (kotak spora) paku-pakuan, serta membentang dan menggulungnya gigi-gigi peristoma pada sporangium lumut.
Model Pembelajaran
Student team achievement division (STAD)
D. Langkah-langkah kegitan :
1. Pertemuan Pertama
Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
Apersepsi:
Peserta didik diminta menyebutkan kembali ciri-ciri makhluk hidup. Kemudian peserta didik diminta memberikan contoh gerak pada manusia.
Motivasi :
Pada peserta didik ditunjukkan bunga yang sudah mekar dan belum mekar (kuncup). Peserta didik diminta menjelaskan perbedaan kedua bunga tersebut. Lalu peserta didik diminta menjelaskan apa yang terjadi selanjutnya pada bunga kuncup tersebut.
Kegiatan Inti: 60 menit
Peserta didik dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dengan anggota 6 orang. anggota kelompok heterogen berdasarkan kemampuan, jenis kelamin, suku, agama dll.
Peserta didik menerima penjelasan dari guru secara global mengenai gerak pada tumbuhan.
Peserta didik mengerjakan permasalah yang diberikan guru secara berkelompok mengenai gerak autonom, dan gerak nasti. Anggota yang tahu menjelaskan pada anggota yang lainnya sampai semua anggota dalam kelompok mengerti.
Peserta didik menerima kuis dari guru dan mengerjakannya. Saat mngerjakan kuis, peserta didik tidak diperkenankan saling membantu.
Poin individual dihitung sebagai nilai perkembangan individu dan disumbangkan sebagai nilai perkembangan kelompok.
Kegiatan Penutup: 10 menit
Pemberian penghargaan berdasarkan nilai perkembangan kelompok, dengan sebutan kelompok baik, kelompok hebat, dan kelompok super.
Peserta didik menerima informasi materi yang harus disiapkan untuk pertemuan berikutnya, yaitu gerak tropisme dan gerak taksis pada tumbuhan.
2. Pertemuan Kedua
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi:
Peserta didik menjelaskan kembali mengenai gerak autonom dan gerak nasti. Kemudian peserta didik diminta memberikan contoh dari gerak autonom dan gerak nasti tersebut.
Motivasi:
Peserta diminta mengamati tanaman dalam pot yang ditunjukkan guru, kemudian diminta memberi komentar mengenai tanman tersebut. (Tanaman yang ditunjukkan adalah tanaman yang mengalami pembelokan dalam pertumbuhannya)
Kegiatan Inti
Peserta didik dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dengan anggota 6 orang. anggota kelompok heterogen berdasarkan kemampuan, jenis kelamin, suku, agama dll.
Peserta didik menerima penjelasan dari guru secara global mengenai gerak tropisme dan gerak taksis pada tumbuhan.
Peserta didik mengerjakan permaslahan yang diberikan guru secara berkelompok mengenai gerak tropisme, dan gerak taksis. Anggota yang tahu menjelaskan pada anggota yang lainnya sampai semua anggota dalam kelompok mengerti.
Peserta didik menerima kuis dari guru dan mengerjakannya. Saat mengerjakan kuis, peserta didik tidak diperkenankan saling membantu.
Poin individual dihitung sebagai nilai perkembangan individu dan disumbangkan sebagai nilai perkembangan kelompok.
Kegiatan Penutup
Pemberian penghargaan berdasarkan nilai perkembangan kelompok, dengan sebutan kelompok baik, kelompok hebat, dan kelompok super.
Peserta didik menerima informasi materi yang harus disiapkan untuk pertemuan berikutnya, yaitu gerak tropisme dan gerak taksis pada tumbuhan.\
E. Sumber Belajar
Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII.
LKS.
Tanaman pot yang menunjukkan adanya gerak.
F. Penilaian
Teknik penilaian dan bentuk instrumen.
Teknik Bentuk instrumen
Tes tertulis Uraian
Instrumen
No Soal Skor maksimal
1 Jelaskan yang dimaksud dengan gerak autonom pada tumbuhan! 2
2 Berikan 2 contoh gerak autonom pada tumbuhan! 2
3 Jelaskan yang dimaksud dengan gerak esionom! 2
4 Jelaskan yang dimaksud dengan gerak nasti! 2
5 Berikan 2 contoh gerak nasti! 2
6 Jelaskan yang dimaksud dengan gerak tropisme! 2
7 Berikan 2 contoh gerak tropisme! 2
8 Jelaskan yang dimaksud dengan gerak taksis! 2
9 Berikan 2 contoh gerak taksis! 2
10 Jelaskan yang dimaksud gerak higroskopis! 2
11 Berikan 2 contoh gerak higroskopis! 2
Jumlah 22
Nilai = (∑skor yang diperoleh)/22 x 100
Kunci jawaban:
No Kunci Skor maksimal
1 Gerak autonom adalah gerak pada tumbuhan yang tidak dipengaruhi oleh faktor dari luar melainkan faktor dari dalam. 2
2 Contoh gerak autonom pada tumbuhan:
Gerak protoplasma pada sel-sel daun tanaman lidah buaya dan umbi lapis bawang merah yang masih hidup.
Gerak melengkungnya kuncup daun karena perbedaan kecepatan tumbuh.
Gerak tumbuhan ketika tumbuh, seperti tumbuhnya akar, batang, daun, dan bunga
1
1
3 Gerak esionom adalah gerak bagian tubuh tumbuhan yang disebebkan oieh faktor dari luar. 2
4 Gerak nasti adalah gerak bagian tumbuhan yang disebabkan oleh faktor dari luar yang arahnya tidak tergantung asal rangsang. 2
5 Contoh gerak monasti adalah:
gerak mengatupnya daun putri malu malu ketika disentuh.
Gerak tidur daun petai cina saat gelap.
1
1
6 Gerak tropisme adalah gerak dari bagian tumbuhan menjauhi atau mendekati sumber rangsang 2
7 Contoh gerak tropisme:
gerak batang tumbuhan tumbuhan membelok mendekati sumber sinar.
gerak akar tumbuh menuju pusat bumi, gerak batang tumbuhan menjauhhi pusat bumi.
1
1
8 Gerak taksis adalah gerak pindah tumbuhan karena rangsangan dari luar (menjauhi atau mendekati rangsangan). 2
9 Contoh gerak taksis adalah:
Pindahnya sel spermatozoid menuju putik karena zat kimia pada putik.
Pindhanya kloroplas menuju tempat yang banyak cahaya.
Pindahnya alga/ ganggang menuju tempat yang mendapat cahaya.
1
1
10 Gerak higroskopis adalah gerak bagian tumbuhan yang disebabkan karena berkurangnya kadar air. 2
11 Contoh gerak higroskopis adalah:
gerak pecahnya(membukanya) kulit buah polong.
Pecahnya sel anulus pada kotak spora lumut.
1
1
Jumlah 22
Mengetahui Waru, 18 Mei 2010
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi IPA
Hj. Ekowati, M. Pd. Drs. Sugeng Pamudji
NIP. 1960082219812002 NIP. 196309061997031001
Daftar Pertanyaan untuk kuis
Pertemuan ke 1:
PERTANYAAN SKOR MAKS
Apakah yang dimaksud dengan gerak autonom? 4
Berikan satu contoh dari gerak autonom! 2
Akar makin lama bertambah panjang. Apakah peristiwa tersebut merupakan gerak autonom? 2
Jelaskan perbedaan antara gerak autonom dan gerak esionom! 4
Apakah arah dari gerak nasti tergantung dari datangnya sumber rangsangan? 2
Apakah gerakan dari protoplasma daun lidah buaya merupakan gerak nasti? 2
Apakah gerakan kuncup daun yang bertambah besar merupakan gerak nasti? 2
Berikan satu contoh gerak niktinasti! 2
Berikan contoh dari gerak seismonasti! 2
Pada malam hari daun majemuk mengatup, disebut gerak apakah yang demikian itu? 2
JUMLAH 24
NILAI = (∑skor yang diperoleh)/24
Pertemuan ke 2:
PERTANYAAN SKOR MAKS
Jelaskan yang dimaksud dengan gerak tropisme! 4
Tumbuhan yang diletakkan di dekat jendela maka batangnya akan membelok ke luar jendela. Apakah gerak batang tumbuhan tersebut merupakan gerak tropisme negatif? 2
Gerakan akar tumbuh ke arah pusat bumi disebut dengan gerak .... 2
Batang tanaman kacang panjang bila menyentuh benda di sekelilingnya maka akan membelit benda tersebut. Gerak ini disebut .... 2
Berikan satu contoh gerak fototropisme! 2
Berikan satu contoh gerak hidrotropisme! 2
Jelaskan yang dimaksud dengan gerak taksis! 4
Berikan contoh gerak taksis pada tumbuhan! 2
Jelaskan yang dimaksud gerak higroskopis! 4
Berikan satu contoh gerak higroskopis! 2
JUMLAH 26
NILAI = (∑skor yang diperoleh)/26
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment