<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({ google_ad_client: "ca-pub-6144563181456040", enable_page_level_ads: true }); </script>
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP NEGERI LPMP SURABAYA
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/ Semester : VII / Ganjil
MateriPokok : Suhu dan Perubahannya
Kalor dan Perpindahannya
AlokasiWaktu : 3 x 4 JP
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
3.4.1
Mengetahui pengertian suhu
3.4.2
Menjelaskan berbagai jenis
termometer
3.4.3
Mengkonversikan skala suhu dari
berbagai skala suhu yang sudah dikenal
3.4.4
Menjelaskan definisi pemuaian
3.4.5
Menghitung pemuaian panjang,
luas, dan volume menggunakan rumus
3.4.6
Menjelaskan pengertian kalor
3.4.7
Mendeskripsikan hubungan kalor
dengan suhu dan hubungan kalor dengan perubahan wujud
3.4.8
Menghitung kalor yang diperlukan
untuk mengubah suhu dan wujud benda menggunakan rumus
3.4.9
Menentukan macam – macam
perpindahan kalor
|
4.4 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda
serta perpindahan kalor
|
4.4.1
Melakukan percobaan pengukuran suhu
menggunakan perasaan
4.4.2
Melakukan percobaan untuk
menentukan skala suhu pada termometer tidak berskala dan melakukan pengukuran
menggunakan termometer skalanya serta membandingkan skala suhu yang telah
dikenal
4.4.3
Melakukan percobaan untuk
menyelidiki pemuaian pada zat padat, zat cair dan gas
4.4.4
Melakukan percobaan untuk
menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda
4.4.5
Membuat rancangan produk sederhana
yang memanfaatkan suhu dan perubahannya atau kalor dan perpindahannya
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan I
Setelah mengikuti pembelajaran
siswa dapat:
1.
menjelaskan pengertian suhu
2.
menjelaskan berbagai jenis termometer
3.
mengkonversikan skala suhu dari berbagai
skala suhu yang sudah dikenal
4.
melakukan percobaan dengan cermat dan
jujur melakukan pengukuran suhu menggunakan perasaan
5.
melakukan percobaan dengan cermat dan jujur untuk menentukan skala
suhu pada termometer tidak berskala dan melakukan pengukuran menggunakan
termometer skalanya serta membandingkan skala suhu yang telah dikenal
Pertemuan II
Setelah mengikuti pembelajaran
siswa dapat:
6.
menjelaskan definisi pemuaian
7.
melakukan percobaan dengan cermat dan jujur untuk menyelidiki
pemuaian pada zat padat, zat cair dan gas
8.
menghitung pemuaian panjang, luas, dan
volume menggunakan rumus
Pertemuan II
Setelah
mengikuti pembelajaran siswa dapat:
9.
menjelaskan pengertian kalor
10. mendeskripsikan
hubungan kalor dengan suhu dan hubungan kalor dengan perubahan wujud
11. menghitung
kalor yang diperlukan untuk mengubah suhu dan wujud benda menggunakan rumus
12. menjelaskan
tiga perpindahan kalor ( konduksi, konveksi, dan radiasi )
13. melakukan
percobaan dengan cermat dan jujur untuk
menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda
14. membuat
rancangan produk sederhana yang memanfaatkan suhu dan perubahannya atau kalor
dan perpindahannya dengan kreatif dan berpikir
kritis
Fokus penguatan
karakter: cermat, keatif, berpikir
kritis dan jujur
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi
Reguler:
a. Suhu dan Perubahannya
b. Suhu adalah tingkat derajat panas suatu benda
c. Jenis - jenis termometer berdasarkan bahan – bahannya
yaitu termometer zat cair, termometer bimetal, dan termometer kristal cair
d. Jenis – jenis termometer berdasarkan kegunaannya yaitu
termometer badan, termometer laboratorium, termometer ruang, termometer
maksimum dan minimum, pirometer
e. Langkah – langkah membuat skala termometer :
·
Menentukan titik tetap bawah dengan
menggunakan suhu es yang sedang mencair
·
Menentukan titik tetap atasdengan
menggunakan suhu air yang sedang mendidih
·
Membagi skala antara titik tetap bawah
dan titik tetap atas
f. Perbandingan skala Celcius, Fahrenheit, Reamur, dan
Kelvin
oC : oF
: oR : K = 5 : 9 : 4 : 5
g. Pemuaian yaitu suatu kondisi suatu benda semakin
bertambah jarak antar partikel benda tapi jumlah partikelnya tetap
h. Zat padat mengalami tiga macam pemuaian yaitu muai
panjang, muai luas, dan muai volume
i.
Zat Cair hanya
mengalami pemuaian volume
j.
Gas mengalami tiga
macam pemuaian yaitu pemuaian pada tekanan tetap, pemuaian pada volume tetap
dan pemuaian pada suhu tetap
k. Muai Panjang
∆L = Lo α ∆t
Lt =
Lo ( 1 + α ∆t )
Muai Luas
∆A = Ao β ∆t
A t = Ao
( 1 + β ∆t )
Muai Volume
∆V = Vo ɤ ∆t
V t = Vo
( 1 + ɤ ∆t )
Untuk zat padat β
= 2 α, ɤ = 3 α
l.
Kalor dan
Perpindahannya
m. Kalor adalah salah satu bentuk energi
n. Satuan kalor antara lain Joule, Kalori
1 Joule = 0,24
Kalori
1 Kalori = 4,2 Joule
o. Pengaruh kalor terhadap suhu benda
Q = m c ∆t
p. Pengaruh kalor terhadap wujud benda
Q = m L
q. Perpindahan kalor ada tiga cara yaitu :
·
Konduksi yaitu
perpindahan kalor pada suatu benda tanpa diikuti perpindahan partikel benda
·
Konveksi yaitu
perpindahan kalor pada suatu benda yang dikuti perpindahan partikel benda
·
Radiasi yaitu
perpindahan kalor secara langsung tanpa melalui zat perantara
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan /
Model Pembelajaran : Saintifik ( 5M ) dan Project Base
Learning
F. Media / Alat, Bahan, dan Sumber
Belajar
1. Media / Alat : LCD, Laptop, Papan tulis, Bejana,
Spidol / benang warna, Pemanas spiritus, Musschen Broek, termometer
berskala dan tidak berskala, dilatometer
2. Bahan : Es batu, air, 3 batang logam
berbeda jenis, wajan, panci, kertas Aluminium foil
3. Sumber
Belajar :
a.
Wahono Widodo, Fida
Rachmadiarti, Siti Nurul Hidayat, edisi revisi 2016, Buku
Siswa Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs kelas VII Semester 1, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud, Jakarta
b.
Wahono Widodo, Fida Rachmadiarti, Siti Nurul Hidayati, Ade Suryanda, Ucu Cahyana, Idun
Kistinah, Arifatun
Anifah, dan Budi Suryatin, edisi revisi 2016, Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs kelas VII, Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud, Jakarta
c.
Lingkungan sekitar rumah peserta didik
d.
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Keempat
Tahap
|
Sintaks
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
Langkah 1 =
Penentuan Proyek
|
a.
Guru menyampaikan
salam dan menanyakan kabar peserta didik
b.
Apersepsi : Guru
menanyakan materi sebelumnya
Sebutkan
perbedaan perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
c.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran dan manfaatnya
·
Merancang Alat Pemanas Air “
Kompor Tenaga Surya “.
d. Guru menyampaikan
garis besar materi dan kegiatan pembelajaran
·
Materi : Merancang
Alat Pemanas Air “ Kompor Tenaga Surya “.
·
Kegiatan : Membuat proyek
e. Guru menyampaikan
teknik penilaian
Penilaian sikap : observasi
Penilaian ketrampilan : Proyek
|
10 mnt
|
Inti
|
Langkah 2 = Perancangan langkah – langkah penyelesaian
proyek
|
Guru menunjukkan contoh Alat Pemanas Air“ Kompor Tenaga
Surya “ kepada peserta didik
Guru menginformasikan kepada peserta didik tentang :
Bahan yang dipersiapkan :
1.
Kertas
Aluminium Foil 10 m
2.
Dua buah besi penyangga ukuran besar dan kecil yang terbuat dari besi
3.
Satu buah panci atau mangkok kecil yang terbuat dari alumunium yang
digunakan untuk memasak air
4.
Air sebanyak 240 ml
5. Satu buah wajan berukuran sedang
( untuk wajan tergantung panas yang ingin dihasilkan )
6. Dua buah cat besi agar besi penyangga kelihatan
lebih menarik ( untuk
warna dipilih sesuai selera ).
Alat – alat yang dibutuhkan :
Gunting, Obeng, Kuas
Cara Merangkai Kompor Surya :
|
60
mnt
|
Langkah 3 = Penyusunan jadwal pelaksanaan proyek
|
Guru dan peserta didik merencanakan jadwal kegiatan
proyek :
Proyek ini dilaksanakan dalam kurun waktu 4 hari :
Hari ke-1 : mengumpulkan alat dan bahan yang diperlukan
Hari ke-2 : merangkai bahan menjadi Kompor Tenaga Surya
Hari ke-3 : penyusunan laporan
Hari ke-4 : mempresentasikan hasil proyek
|
||
Langkah 4 = Penyelesaian proyek dengan fasilitas dan
monitoring guru
|
Peserta didik
menyelesaikan proyek di rumah secara kelompok sesuai dengan jadwal dengan
memberikan laporan sementara kepada guru pada hari ke-1 dan ke-2 untuk
menyampaikan sejauhmana kerja proyeknya, mungkin ada hambatan
|
||
Langkah 5 = Penyusunan laporan dan presentasi /
publikasi hasil proyek
|
Pada hari ke – 3 pesera didik menyusun laporan, peserta didik
mengkonsultasikannya kepada guru
Pada hari ke – 4 peserta didik mempresentasikan hasil proyek
|
||
Langkah 6 = Evaluasi
Proses dan Hasil Proyek
|
Pada hari ke – 4 Guru dan peserta didik mengevaluasi
proses dan hasil proyek
|
||
Penutup
|
a.
Guru beserta peserta didik
membuat rangkuman hasil pembelajaran
b.
Guru melakukan penilaian
c.
Guru memerikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
d.
Guru memberi penugasan sebagai tindak lanjut pembelajaran
Carilah informasi di internet atau buku perpustakaan tentang alat pemanas
air ramah lingkingan dan bandingkan dengan karyamu
e.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
“ Energi dalam Sistem Kehidupan “
|
H. Penilaian
Hasil Pembelajaran
Penilaian
1.
Teknik penilaian
Teknik penilaian yang
digunakan sebagaiberikut
:
Kompetensi
|
Metode/Teknikpenilaian
|
BentukInstrumen
|
Sikap
|
Observasi
|
Lembar
pengamatan Sikap
|
Pengetahuan
|
TesTertulis
|
TesUraian
|
Keterampilan
|
Kinerja/Praktek
|
Lembar
praktek / rubric
|
2.
Instrumen
penilaian
Pertemuan Keempat
a. Penilaian Sikap
Lembar Observasi Pengembangan Sikap
Kelas / Semester : VII/1 TahunPelajaran : 2016-2017
Nama Guru :
No
|
Waktu
|
CatatanPerilaku
|
ButirSikap
|
Spiritual / Sosial
|
TindakLanjut
|
b. Penilaian Keterampilan
Kisi – Kisi
Penilaian Proyek
KD
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
4.4.
Melakukan percobaan
untuk
menyelidiki
pengaruh
kalor terhadap
suhu
dan wujud benda
serta perpindahan
kalor
|
Kalor dan Perpindahannya
|
4.4.5
Membuat rancangan produk
sederhana yang memanfaatkan suhu dan perubahannya atau kalor dan
perpindahannya
|
Proyek
|
Instrumen Proyek
Kerjakan secara berkelompok membuat
rancangan alat pemanas air “ Kompor Tenaga Surya “
Kegiatan Projek
Judul Proyek : Alat Pemanas
Air “ Kompor Tenaga Surya “
Tujuan : membuat alat pemanas air “ Kompor Tenaga Surya “
Alat dan bahan :
·
Kertas Aluminium
Foil 10 m
·
Besi penyangga ukuran besar dan kecil yang terbuat dari besi masing – masing 1 buah
·
Panci atau mangkok kecil yang terbuat dari alumunium yang digunakan untuk
memasak air 1
buah
·
Wajan berukuran sedang 1 buah
( untuk wajan tergantung panas yang ingin dihasilkan )
( untuk wajan tergantung panas yang ingin dihasilkan )
·
Air sebanyak 240 ml
·
Cat besi 2 kecil
warna berbeda
·
Kuas, obeng,
gunting
Langkah
Kerja :
1.
Tempelkan seluruh kertas alumunium pada
bagian atas wajan baik secara vertikal maupun horizontal ( banyaknya kertas
alumunium yang dibutuhkan tentunya tergantung pada besarnya wajan yang
digunakan ).
2. Cat,
besi penyangga dengan cat besi warna merah agar terlihat lebih menarik.
3. Taruh
penyangga besar pada bawah wajan, kemudian letakkan panci diatas penyangga
kecil, isi panci kecil dengan air dan letakkan diterik panas
matahari
4. Buatlah laporan tertulis dari kegiatan proyek
Pedoman Penskoran
No Soal
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maks
|
Bobot
|
Nilai
|
1
|
Persiapan
1.
Menyiapkan perangkat alat dan
bahan
Skor 2 = Lengkap
Skor 1 = Kurang lengkap
|
2
|
20%
|
|
Jumlah skor maksimal
|
2
|
|||
2
|
Proses
1.
Urutan langkah–langkah /prosedur kegiatan
praktikum
Skor 2 = sesuai urutan
Skor 1 = kurang sesuai urutan
2.
Menggunakan alat dan bahan
sesuaidengan fungsinya.
Skor 2 = sesuai fungsinya
Skor 1 = kurang sesuai fungsinya
3. Hasil
kegiatan proyek
Skor 2 = dapat berfungsi baik
Skor 2 = kurang berfungsi
|
2
2
2
|
30%
|
|
Jumlah skor maksimal
|
6
|
|||
3
|
Laporan
1.
Penulisan tujuan kegiatan
praktikum
Skor 2 = tujuan tepat
Skor 1 = kurang tepat
2.
Penulisan alat dan bahan yang
digunakandalam praktikum
Skor 2 = lengkap
Skor 1 = kurang lengkap
3.
Menuliskan langkah - langkah /prosedurkegiatan
praktikum
Skor 2 = sesuai urutan
Skor 1 = kurang sesuai urutan
4.
Menjawab pertanyaan
Skor 2 = menjawab benar
Skor 1 = menjawab kurang benar
5. Membuat
kesimpulan
Skor 2 = tepat
Skor 1 = kurang tepat
|
2
2
2
2
2
|
50%
|
|
Jumlah skor maksimum
|
10
|
100%
|
NILAI
( per soal ) = ( jumlah skor yang diperoleh : jumlah skor maksimal ) x Bobot
NILAI total = jumlah nilai tiap no. soal
Keterangan Penilaian Keterampilan:
1.
Nilai 91–100 amat baik
2.
Nilai 81–90 baik
3.
Nilai 71–80 cukup
4.
Nilai 60–70 kurang
5.
Nilai kurang dari 60 sangat kurang
Suabaya, 12 April 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
…………………… ………………………